ANALISIS KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN KH. AHMAD DAHLAN SEMASA HIDUPNYA SEBAGAI TOKOH INSPIRATIF DI MASA KINI

Authors

  • Kurnia Ayu Universitas Jambi
  • Anny Wahyuni Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.28692

Keywords:

KH Ahmad Dahlan, Karakter, Religius, Sejarah

Abstract

KH Ahmad Dahlan di lahirkan dari keluarga yang memegang erat nilai agama sehingga dari kecil beliau telah di displinkan menuntut ilmu agama oleh ayahnya di Kauman. Oleh karna itu peneliti menggambil nilai karakter religius dan nilai karakter disiplin sebagai contoh di masa sekarang. Sebagaimana setelah terjadinya Pandemi Covid-19 banyak siswa yang masih kurang disiplin dalam menggikuti aturan sekolah di karenakan selama ini banyak belajar dirumah dan kurang pengawasan guru secara langsung dan pengawasan orang tua yang masih kurang meski di rumah. Tidak hanya nilai karakter displin yang perlu di perhatikan tetapi juga nilai karakter religius dimana akhir akhir ini banyak sekali berita yang beredar di sosial media dan stasiun TV siswa yang berlaku kurang sopan, tidak menghormati guru, bahkan ada yang sampai tega membunuh seorang tenaga pendidik atau guru. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode Studi Kepustakaan (Library Research) sebagai upaya dalam mengumpulkan informasi dan data dengan memanfaatkan dari sumber-sumber tertulis yang ada di perpustakaan misalnya buku-buku, surat kabar, majalah, dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Dari hasil studi kepustakaan tersebut yang dapat kita contoh dari nilai karakter religius seorang KH. Ahmad Dahlan adalah menunaikan sholat wajib  dan sholat Jum’at tepat waktu,  membaca yasin, dan juga KH. Ahmad Dahlan mengikuti ajaran agama yang dianutnya. Sehingga dengan mengingat Tuhan Yang Maha Esa kita ingat akan dosa atas apa yang kita kerjakan. sedangkan nilai karakter displin KH. Ahmad Dahlan yang dapat kita contoh dari tepat waktu yang ketika sholat ita juga bisa jadikan contoh yaitu tepat waktu dalam mengerjakan tugas, tepat waktu datang kekantor atau kesekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Penerbit Qiara Media.

Djoh, A. J., Suastika, I. N., & Landrawan, I. W. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah Dan Pembelajaran Ppkn Di Sma Negeri 1 Waingapu. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 39-48.

Fadlillah, M., & Khorid. L. M. (2013). Pendidikan KarakterAnak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayat, A. F. (2021). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Tokoh KH Ahmad Dahlan sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Siswa Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, universitas jambi).

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musyafa. H. (2017). Dahlan Dalam Sebuah Novel. PT Kaurama Buana Antara.Tangarang Selatan.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012, Cet.9.

Romadhani, N., Surmarsono, R. N., & Resita, C. Tingkat Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Karawang. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(1), 1-7.

Rozikin, R., Widayati, S., & Marliyah, L. (2022). penggunaan aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di smk sultan trenggono gunungpati kota semarang pada era pandemi covid-19. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 3(1), 27-33.

Sanusi, M. (2013). Kebiasaan Kebiasaan Inspiratif KH. Ahmad Dahlan & KH. Hasyim Asy’ari. Penerbit DIVA Press

Sugiarto, T. S. (2019). Faktor Kedisiplinan Pada Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wuryandani, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanuar, R. F., & Putri, T. N. D. U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDS Harapan Jakarta. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 181-200.

Yeni, A. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora. Vol 2, No 2, Desember 2019. STKIP PGRI Lubuklinggau.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ayu, K., Wahyuni , A., & Purnomo, B. (2024). ANALISIS KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN KH. AHMAD DAHLAN SEMASA HIDUPNYA SEBAGAI TOKOH INSPIRATIF DI MASA KINI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 104-115. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.28692