PENGARUH PEMAHAMAN NILAI-NILAI SEJARAH TERHADAP PERILAKU TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA KELAS XII IPS SMAN 15 MERANGIN
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.27761Keywords:
Nilai-nilai sejarah, Perilaku Toleransi, Sikap Cinta Tanah AirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pemahaman niali-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cimta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 Merangin pada Februari 2022. Data penelitian di peroleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XII (sebagai data utama). Setelah Data Dikembalikan, data di analisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Meragin karena nilai signifikansinya yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi semakin tinggi pula; (2) Terdapat pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah siswa maka akan mengakibatkan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula; (3) Terdapat pengaruh bersama pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi siswa dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin karena nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi pemahaman nilai-nilai sejarah maka akan mengakibatkan perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air semakin tinggi pula. Besarnya pengaruh pemahaman nilai-nilai sejarah terhadap perilaku toleransi dan sikap cinta tanah air siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Merangin adalah sebesar 40,6% sisanya 59,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.
Downloads
References
Aman, A. (2014). Aktualisasi Nilai-Nilai Kesadaran Sejarah Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 121364.
Amelia, A. A. (2014). Peran Pembelajaran Sejarah Dalam Pemahaman Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pacengaan. Indonesia of Journal History Education. Vol.3
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers.
Gunawan, R. (1998). Simposium Pengajaran Sejarah. CV Eka Dharma: Jakarta.
Nasikun. (2004). Sistem Sosial di Indonesia.Jakarta:Raja Grafindo Persada. Notoatmodjo,S. 2003. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.Jakarta: Rineka Cipta.
Nisyvilyah L. (2013). Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuanbangsa (Studi Kasus Umat Islam Dan Kriten Didesa Segaran Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto). Kajian Moral Dan Kewargnegaraan. No 1 Vol 2 Tahun 2013 Universitas Negri Surabaya.
Puspitasari. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pluralisme Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Materi Pokok Bahasan Indonesia Masa Hindu-Budha Siswa Kelas X SMAN 1 Sirampog. Tesis Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.
Rasihudin, A. (2019). Menanam Nilai-nilai Kesejarahan dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Puisi Kepaahlawanan. Jurnal Artefak. Vol. 1 No. 3
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.. Bandung: PT Alfabet.
____________ (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabet.
Sulistyo. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak Dan Remaja, Jakarta: TIM.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lisa, Ela Yulastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.