ANALISIS NILAI-NILAI NASIONALISME YANG TERKANDUNG DALAM PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 DI SURABAYA

Authors

  • Robani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.26788

Keywords:

Nasionalisme, Pertempuran, Surabaya

Abstract

Artikel ini membahas tentang pertempuran Surabaya 10 November. Tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi sejarah dan mobilisasi pertempuran di Surabaya serta nilai-nilai nasionalisme yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini mengunakan metode sejarah dengan penelitian kualitatif mengunakan pedekatan deskriftif. Sumber yang di gunakan dalam tulisan ini adalah sumber sejarah yang mengunakan tehnik analisis sejarah yang mengunakan interpretasi fakta sejarah yang meliputi buku,dokumen dan jurnal yang berkaitan dengan pertempuran 10 November di Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petempuran Surabaya 10 November di latarbelakangi oleh peristiwa hotel Yamato di mana tentara Belanda berusaha mengibarkan benderanya sehinga menimbulkan kemarahan masyarakat dan pemuda Surabaya. Pertempuran di Surabaya tidak hanya dilakukan secara bersenjata, tetapi juga dilakukan melalui jalur politik dan diplomasi. Mobilisasi yang terjadi dalam petempuran Surabaya merupakan semangat persatuan yang ditunjukan oleh suatu kelompok dengan kelompok lain meskipun semangat yang mendasarinya berbeda. Nilai nasionalisme yang terkandung dalam tulisan ini adalah kegigihan dan loyalitas yang tinggi dari masyarakat Indonesia dan pemuda Surabaya untuk menegakan dan mem perjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat Sejarah Nasionalisme Indonesia Untuk Memupuk Sikap Kebangsaan Generasi Muda. Jurnal Civics. Vol. 13, No. 2. pp. 209-216. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745

Fuadi, R. (2014). Laskar Hisbulah Karisidenan Surabaya Dalam Peristiwa Pertempuran Sekitar 10 Novmber 1945 di Surabaya. 2(3), 571–585.

Kusuma, E. et. al. (2021). Pertempuran Surabaya Tahun 1945 Dalam Perspektif Perang Semesta. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1, No. 12. pp. 2825-2836. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.546

Labuschagne, P. (2020). Small Wars and People’S Wars: a Clausewitzian Perpective on the South African War, 1899–1902. Scientia Militaria, 47(1), 1899–1902. https://doi.org/10.5787/47-1-1265

Mansyur, A. (2015). Perjuangan Pemuda Surabaya Pada Pertempuran 10 Novmber 1945 Dalam Upaya Meningkatkan Rasa Patriotisme dan Nasionalisme Rakyat Indonesia. Sidoarjo: STKIP PGRI. pp. 1-13

Marsono, T.L. (2019). Teori Strategi Dari Berbagai Ahli. UNHAN PRESS. pp. 1-100

McCarthy, J. D., & Zald, M. N. (2017). Resource mobilization and social movements: A partial theory. In Social Movements in an Organizational Society: Collected Essays. pp. 15–46.

Musyaqqat, S. R. (2021). Jaringan Perdagangan Beras Dan Dinamika Pelabuhan Ekspor Di Sulawesi Selatan Pada 1930-An. Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol. 4, No. 2. pp. 113-140. DOI: https://doi.org/10.33652/handep.v4i2.157

Muwafiq, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Dari Peristiwa Pertempuran 10 Novmber Di Surabaya. Jurnal Jejak Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi. Vol. 2, No. 2. pp. 13-23. DOI: https://doi.org/10.22347/jejak.v2i2.20629

Ningrum, A. D. (2014). PPRI Dalam Pertempuran Surabaya. Surabaya: ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga.

Oktaviani, J. (2018). Perang 10 Novmber 1945 Di Surabaya. Jurnal Sereal Vol. 51, No. 1. pp. 38-51.

Santosa, I. (2017). Epos Yang Terlupakan dari 10 Novemper. Kompas.Com. https://interaktif.kompas.id/baca/haripahlawan-2017/

Zara, M. Y. (2015). Indonesian Conflict in Two British Newspapers, the Fighting Cock and Evening News (1945-1946) Gagah Beraninya Pasukan Ingrris-India. Kejamnya Ekstrimis Indonesia: Konflik Inggris Indonesia Di Dua Surat Kabar Inggris, the Fighting Cock and Evening Ne. 1950, 1945–1949.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Robani. (2023). ANALISIS NILAI-NILAI NASIONALISME YANG TERKANDUNG DALAM PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 DI SURABAYA. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 126-135. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.26788