ANALISIS PROGRAM STUDY TOUR WISATA SEJARAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25865Keywords:
Study tour, Wisata Sejarah, Sumber BelajarAbstract
Study Tour merupakan proses pembelajaran dimana siswa mempelajari materi (sumber belajar) di luar kelas dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman terhadap materi yang digunakan di kelas dan memberikan wawasan yang lebih komprehensif. Penelitian ini mengindentifikasi bagaimana study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan study tour wisata sejarah sebagai sumber belajar pada siswa di SMA N 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dekriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Study Tour wisata sejarah yang dilakukan oleh siswa SMA 2 Kota Jambi selain dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah, juga memperluas wawasan berpikir, meningkatkan hasil belajar, melatih siswa aktif menemukan dan merespon pembelajaran, serta pembelajaran sejarah terasa lebih rileks dan menyenangkan.
Downloads
References
Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontekstual. Kaganga : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, Vol 2, No 2. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940. hlm 105-120
Inayah, A. N (2022). Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Abab 21. Estoria : Journal Of Social Sciences & Humanities, Vol 3, No 1. https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1013. hlm 349-365
Ishak, W., Ahmadin, A., & Najamuddin, N (2020). Pesona Objek Wisata Sejarah di Kabupaten Siginjai. Pusaka : Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, Vol 2, No 2. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.54. Hlm 98-110
Jannah, Farichatul (2020). Implementasi Metode Karyawisata dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Pada Kelompok A di RA Ma’rifatul Ulum Kaliwungu Kudus Tahun 2019/2020. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.
Kurniawan, H. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Sejarah Dalam Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol 4, No 2. http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i2p128-142. Hlm 128-142.
Lutfiah, Q dan Sartika Dewi (2021). Metode Pembelajaran Karya Wisata Candi Muaro Jambi : Pengaruh Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research (JBER), Vol 2, No 3. https://doi.org/10.37251/jber.v2i3.198. hlm 70-74.
Muhammad. (2018). Sumber Belajar. Mataram : Sanabil Creative
Metzger, S. A., & Harris, L. M. (Ed.). 2018. The Wiley International Handbook of History Teaching and Learning(First edition). Wiley-Blackwell.
Norsandi, D. (2022). Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Kelas X/IIS SMA Negeri 6 Palangka raya. Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Palangka Raya.
Suhirman. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah : Journal of Early Childhood Islamic Education, Vol 2, No 1. http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1513. hlm 159-173/Juli 2018.
Sulvita, Diah (2021). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS Ma’arif Al-HIKMAH Ngarayun Tahun Ajaran 2020/2021. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Priskilla Elisabet Saing, Junita Yosephine Sinurat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.