ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 2 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25856Keywords:
Media Pembelajaran, Media Audiovisual, SejarahAbstract
Media audiovisual merupakan media yang mengandung suara dan gambar yang dimana menggunakan indera pendengar dan penglihatan yang bisa digunakan dalam media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audiovisual pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Kota Jambi adalah menggunakan media audio visual seperti video dokumenter dan Power Point slide suara. Sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah, media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan motivasi serta pehamanan siswa tentang pembelajaran sejarah dalam menyampaikan materi pembelajaran di SMAN 2 Kota Jambi.
Downloads
References
AH Sanaky, H. (2013) Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.
Arif S. Sadiman dkk (2018) Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatanya. Depok: rajagrapindo persada
Asmara, Y (2019) Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, Volume 2, Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940. hlm 105-120
Azhar, Arsyad (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. A.M,
Batubara dan Aman (2019) Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pasca Kemerdekaan-Reformasi. Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 8 No (1). DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.081.02. hlm 14-34.
Inesa Tri Mahardika Pratiwi dan Rini Intansari Meilani (2018) Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 3, No. 02. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. Hlm.173-181
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang (2011) Media Pembelajaran Manual dan. Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Kustiono (2010) Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek. Pemanfaatannya dan Pengembangan Buku Ajar. Semarang: Unnes Press.
lexy j. Moleong (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munadi, Y. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Gaung persada (GP)
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Santosa, Y. B. P., & Hidayat, F. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 94-104.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sukiman (2012) Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.
Wati, R & Ega (2016) Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Deswita Fitri, Reka Seprina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.