MUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU PAKET SEJARAH WAJIB DI SMAN 2 KOTA JAMBI

Authors

  • Apriani Putri Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25841

Keywords:

pendidikan karakter, buku paket sejarah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang muatan nilai Pendidikan karakter pada buku paket sejarah di SMAN 2 Kota jambi. Kajian ini bertujuan untuk medeskripsikan bagaimana muatan nilai Pendidikan karakter pada buku paket sejarah di SMAN 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dekriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan karakter di sekolah. buku menjadi salah satu penunjang dalam memenuhi indikator indikator Pendidikan karakter, Buku sejarah indonesia kurikulum 2013 ini mengadung nilai karakter yaitu nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sebagai seorang peserta didik yang akan meneruskan bangsa ini,  memiliki integritas yang tinggi, kesadaran budaya, bersifat selektif antara hal baik dan hal buruk serta religius. Kemandirian dan kedaulatan yang utuh sebagai bangsa yang merdeka, nasionalis serta moderenisme, persatuan dan kesatuan Bangsa, bela negara, nasionalisme, patriotisme, cinta tanah air, jiwa kepemimpinan, demokrasi, HAM, kemajuan iptek, dan politik bebas aktif. dan modul kelas X kurikulum merdeka yang nilai karakter yang terkandung didalamnya ialah berpikir sejarah dan kesadaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alman, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menghitung dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tugasku Sehari-Hari Kelas II SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan, 8(2), 123-128.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang, 2(1), 35-48.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369-387..

Irshanto, A. B. (2020). Materi konfrontasi Indonesia-Malaysia 1963-1966 dalam perspektif buku teks pelajaran sejarah SMA di Indonesia dan Malaysia. Program studi Pendidikan sejarah, sekolah pascasarjana universitas Pendidikan indonesia.

Lestari, W. D., & Sabardila, A. (2021). Menguak Nilai Pendidikan Karakter Buku Bacaan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kelas Rendah Sekolah Dasar. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 197-212.

Lutfia Putri Kinanti, Sudirman. (2018). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA negri dikota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. SOSIETAS: Vol.7, No.1.

Matthew B. Milles, A. Michael Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press, 1992.

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 114-130.

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulan, S .(2020). Hakikat Pendidikan Karakter. STKIP Kusuma Negara

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Putri, A., & Seprina, R. (2023). MUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU PAKET SEJARAH WAJIB DI SMAN 2 KOTA JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 147-159. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25841