ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Dony Saputra Universitas Jambi
  • Isrina Siregar Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25685

Keywords:

Multikulturalisme, Pengajaran, Strategi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui Tentang strategi mengajar multikultural di Sekolah Menengah Atas (SMA),  metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah tinjauan pustakan dan studi literatur yang berisi mentahan materi yang sudah  diolah sehingga menjadi sumber yang valid dan terpercaya seperti, buku, artikel, jurnal, dan sumber bacaan lainya. Hasil dari penelitian ini antara lain :  Pertama Rancangan  strategi mengajar multikulturalisme yang efektif di SMA memerlukan kerangka konseptual atau teoritis yang kokoh sebagai dasar, Kerangka konseptual atau teoritis ini dapat membantu pendidik dalam mengarahkan pendekatan, metode, dan aktivitas pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip multikulturalisme,  Kedua Pengaruh strategi mengajar multikulturalisme di SMA terhadap pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa terkait multikulturalisme dapat sangat signifikan. ketiga Penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah melalui Study eksplorasi diri dan lingkungan yaitu siswa ditugaskan untuk membuat rangkuman tentang kebudayaan dari masing-masing suku yang mereka ketahui dan masih dilaksanakan di daerahnya tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, I. (2007). “Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah”. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol. 12, No. 2, Mei-Ags, hal. 1-9.

Ariyani, R. (2021). Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah: Upaya Meningkatkan Nasionalisme. 1–6. https://osf.io/wme4f/.

Basri, S., Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gottschalk, L. (2016). Mengerti Sejarah, terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Indah Hakim P.S, I. S. dan Y. S. E. (2014). Multikultural Mata Pelajaran Sejarah.

Isnarmi, I. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif: Integritas Moral, Dialogis dan Adil. UNP Press: Padang.

Karsidi, R. (2010). Sosiologi Pendidikan. UNS Press.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 78–91.

Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Tiara, N. (2019). (Strategi guru dalam menanamkan Nilai Multikultural pada siswa etnis tionghoa di SMA Nasional Karangturi pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2018/2019 ). Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Retnasari, L. (2018). “Strategi Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Mencegah Radikalisme Di Era Globalisasi.” Mengembangkan Kompetensi Pendidik Dalam Menghadapi Era Disrupsi" Kerjasama PGSD - POR UMS 4–5.

Rusman. (2016). Model - model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, A. B., Maryati, T., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2021). Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikulturalisme Pada Masyarakat Plural (Studi Pada Smp Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(1), 21-27.. doi: 10.23887/jpsu.v3i1.34219.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulaswari, M. (2018). “Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 5 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah).” Jurnal IJTIMAIYA 2(2):32–51.

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1–13.

Viktorahadi, R. F., Rahman, M. T., & Solihin, M. (2021). Analisis Nilai-Nilai Multikultural Pada Buku Teks Pelajaran Agama Katolik Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 31- 46.

Yamin, Marintis. (2013). Model, Metorde, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Yusuf Perdana, Y. P., Sumargono, S., & Valensy Rachmedita, V. R. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah., Jurnal Pendidikan Sejarah Vol.8, No.2, hal.79–98.

Zed, Mestika. (2008). Metode penelitian kepustakaan / Mestika Zed. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Zubaidi. (2004). Telaah Konsep Multikulturalisme dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. Hermina. 3(1)

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Dony Saputra, Siregar, I., & Purnomo, B. (2024). ANALISIS STRATEGI PENGAJARAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 29-41. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.25685