ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN DI INDONESIA

Authors

  • Reni Oktia Universitas Jambi
  • Nur Intan Komala Sari Universitas Jambi
  • Isrina Siregar Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25607

Keywords:

Indonesia, Pendekatan, Pendidikan Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan melakukan pengumpulan sumber yang berisi bahan-bahan asli yang telah digarap sebelumnya serta relevan seperti artikel, buku teks, majalah, jurnal ilmiah dan berbagai sumber lain sebagai penunjang. Hasil dari penelitian ini antara lain; Pertama Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbedar di dunia yang dibuktikan dengan keadaan geografis maupun sosio kultural yang luas dan beragam. Kedua pendidikan multikultural merupakan sebuah usaha untuk menanamkan sikap simpati, apresiasi, empati dan respek terhadap keberagaman atau perbedaan yang ada, serta memberi kesempatan setara kepada seluruh siswa tanpa melihat latar belakangnya, sehingga siswa tersebut dapat meningkatkan kemampuan yang mereka punya secara optimal. Ketiga, dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural di pembelajaran bukan hanya dengan membuat mata pelajaran khusus dan masuk kedalam kurikulum, melainkan juga melalui tindakan yang nyata sesuai dengan prinsip-prinsip dasar multikultural yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2016). Menanamkan Konsep Multikulturalisme di Indonesia. Dinamika Global: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 1(02), 123-140.

Azra, A. (2014). Pendidikan Multikultural: Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Tsaqafah. 1(2)

Badrudin, B. (2015). Konsep pendidikan multikultural (Eksistensi dan nilai-nilai urgensinya di Indonesia). Jurnal TAZKIYA. 16(2), 157-176

Banks, J. A. (2018). An Introduction to Multikultural Education. Boston: Allyn and Bacon.

Budirahayu, T., & Saud, M. (2020). The Promotion of Multicultural Education in Schools: A Study of Teaching Multidisciplinary Courses in Indonesian Schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 30(3), 36-47.

Gottschalk, L. (2016). Mengerti Sejarah, terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia.

Haris, M. (2017). Membangun Konsep Pendidikan Multikultural Untuk Indonesia. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 9(1), 41-58.

Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf†Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 145-158.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan tujuan Pendidikan Islam. ADDIN. 7(1).

Januarti, A., Zakso, A., & Supriadi, S. (2019). Implementasi pendidikan multikultural di sekolah (Studi kasus di SMA Negeri 1 Teluk Keramat). Program studi magister pendidikan sosiologi. UNTAN Pontianak.

Liliweri, A. (2015). Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multi Kultural. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Mahfud, C. (2020). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukodi. (2013). Konsep pendidikan berbasis multikultural ala Ki Hajar Dewantara. Jurnal penelitian pendidikan. 4(1).

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091

Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 5(5).

Saleh, K., & Murtafiah, N. H. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Antara Harapan dan Realita. Journal of Islamic Education and Learning, 2(2), 111-126.

Sleeter, C.E & Grant, C.A. (2018). Making Choice for Multicultural Education, File Approaches to Race, Class, and Gender. New York: Mac Millan Publishing Company.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1-13.

Thomas J. La Belle & Chistopher, W. (2014). Multicultural and Education. Albany: Sunny Press.

Wahid, A. (2016). Konsep Pendidikan Multikultural dan Aplikasinya. Jurnal Istiqra. 3(2). 287-294

Zamroni. (2013). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Oktia, R. ., Sari, N. I. K., Siregar, I., & Purnomo, B. (2023). ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN DI INDONESIA. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 92-104. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25607