NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JENDERAL HOEGENG IMAN SANTOSO: KEPALA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA 1968-1971
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.25494Keywords:
Karakter, Jenderal Hoegeng, Nilai-Nilai PendidikanAbstract
Penelitian ini akan mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh Jenderal Hoegeng Iman Santoso sebagai Kapolri yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat khususnya generasi muda. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Jenderal Hoegeng sebagai Kapolri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan nilai-nilai karakter dari Jenderal Hoegeng Iman Santoso saat menjabat sebagai Kapolri pada tahun 1968-1971. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah dengan pendekatan studi pustaka. Langkah-langkah penelitiannya yaitu, (1) Heuristik, (2) Kritik sumber, (3) Interprestasi, (4) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter yang dimiliki oleh Jenderal Hoegeng pada masa kepemimpinannya sebagai Kapolri yaitu Jujur, Disiplin, dan Sederhana, dan berjiwa pemimpin. Berdasarkan nilai-nilai Pendidikan karakter tersebut diharapkan menjadi contoh serta teladan bagi masyarakat dan generasi muda dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Abdullah. (2021). Contoh Kasus Pembegalan Pada Remaja. https://megapolitan.okezone.com/read/2021/10/18/338/2488002/begal-berusia-13-tahun-di-bekasi-sadis-saat-beraksi-nangis-saat-ditangkap diakses pada tanggal 27 Mei 2023
Bonaventura. (2012). Jenderal Hoegeng Iman Santoso Kepala Kepolisian Republik Indonesia 1968-1971, Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Daliman, A. (2012). Manusia dan Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Kemendikbud. (2018). Konsep Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Inanna. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 1, Nomor 1, Januari 2018. Hlm. 27-33
Hidayanti, Nur. (2021). Jenderal Hoegeng Iman Santoso: Kapolri Jujur, Disiplin dan Sederhana Sebagai Teladan Generasi Muda. Jurnal Swadesi, Volume 2. Nomor 1, Hlm 25-37
Novia. (2023). Kasus Pembullyan di Sekolah. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6601900/siswa-sd-bunuh-diri-imbas-di-bully-pemerhati-anak-guru-sekolah-tak-peka diakses pada tanggal 27 Mei 2023
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Hlm. 464-468
Rulianto, & Febri. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Volume 4, Nomor 2, Hlm. 127-134
Sahroni, Dapip. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, Volume 1, Nomor 1, Hlm. 115-124
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta
Suhartono. (2013). Hoegeng Polisi dan Menteri Teladan. Jakarta: Kompas Media Nusantara
Tim Litbang MPI. (2021). Contoh Kasus Pembegalan. https://nasional.okezone.com/amp/2021/11/07/337/2497868/3-kasus-pembegalan-sadis-korbannya-sampai-meninggal diakses pada tanggal 27 Mei 2023
Yusra, Abrar. & Ramadhan. (1993). Hoegeng Polisi Idaman dan Kenyataan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mia Febiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.