PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR (ALBUSI) PADA MATERI ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA N 3 KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.25387Keywords:
Media Kartu Pintar, Pengembangan Media, Materi Pembelajaran Sejarah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mengetahui tata cara pengembangan media smart card pada Materi Islamisasi dan Lintas Budaya Nusantara pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 3 Kerinci (2) Untuk Melihat Respon Siswa Terhadap Apa Yang Telah Dikembangkan Pada Materi Islamisasi dan Lintas Budaya Nusantara Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA N 3 Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media Kartu Pintar (Albuis) pada Materi Islamisasi dan Lintas Budaya Nusantara pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMAN 3 Kerinci. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan mengacu pada model Hannafin & Peck (1988) yang merupakan salah satu model pengembangan yang lebih sederhana. Hasil penelitian Pengembangan Media Smart Card pada Materi Islamisasi dan Lintas Budaya Nusantara pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA N 3 Kerinci dikategorikan layak sebagai media pembelajaran pada pelajaran sejarah karena media pembelajaran ini dapat membantu proses belajar mengajar. lebih mudah diterima oleh siswa kelas X SMA N 3 Kerinci. Hal ini terlihat dari hasil penilaian guru dan siswa mata pelajaran sejarah dimana saat diujikan terlihat antusias dan senang karena mendapatkan hal baru dari proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh penulis ini layak digunakan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas X SMA N 3 Kerinci.
Downloads
References
Anastasius, Daliman. (2012). Metode Penelitian Sejarah, Yogyakarta: Ombak. 2001.
Andrian, Yusuf, dan Rusman. (2019). “Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 13â€. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan. Vol. 12 no. 1. Hal. 14–23.
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran Ed Revisi. Jakarta: Grafindo Persada
Ary, D. Jacob, L.C & Razavieh, A. (1982). Pengantar Penelitian.Terjemahan oleh Arief Fuchan. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research. New York: Longman Inc.
Firdausi, Nisrina, dan Endang Purwaningsih. (2017) “Pengembangan Media Pembelajaran†Interaktif Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya 2017â€. .111-19.
Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hoetomo. (2005) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.
Johnson, Lou Anne. (2005). Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Indeks.
Nofitria, Dawud, dan Gatut. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Kritis Teks Argumentasi untuk Siswa Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 10(2), 1409—1415.
Nugroho, Notosusanto. (1971) Norma-Norma Dasar Pemikiran dan Penelitian. Jakarta: Dephan.. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sutimin, L, S (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(18), 412-426.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alfat Hasian Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.