KARTINI FONDS SEBAGAI WADAH DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN

Authors

  • Rifqoti Ulya Dewi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25086

Keywords:

Kartini Fonds, Pendidikan, Perempuan

Abstract

Pada masa awal abad ke-20 Kartini Fonds dimanfaatkan sebagai wadah dalam mendukung pendidikan bagi perempuan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi lahirnya Kartini Fonds dan usaha apa yang dilakukan dalam membantu perempuan untuk mendapatkan pendidikan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif melalui metode studi pustaka. Kartini Fonds lahir pada tahun 1912 yang berfokus pada perbaikan hidup perempuan, seperti hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta pendidikan. Adapun hasil dari kajian ini adalah lahirnya Kartini Fonds didorong oleh rasa kagum Van Deventer terhadap Kartini sehingga ia berusaha untuk mendirikan Sekolah Kartini untuk mendidik para perempuan. Sebelum abad ke-20 kaum perempuan mengalami buta huruf karena dibatasi ruang geraknya dan tidak diberikan kesempatan bersekolah. Dalam hal ini Kartini Fonds dapat dimanfaatkan dalam memberikan akses pendidikan bagi perempuan melalui keberadaan Sekolah Kartini di beberapa tempat seperti di Semarang, Jakarta, Bogor, dan lain-lain demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawan, A., Purnomo, B., & Wahyuni, A. (2021). KESETARAAN GENDER PADA ABAD XIX DI INDONESIA DALAM KARYA RA KARTINI. SWADESI: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 2(1), 50-58.

Indriani, L. D. (2022). Kartini yang Tersembunyi: Membaca Pergeseran Emansipasi Kartini. n.p.: Stiletto Book.

Karlina, H. (2020). Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Raden Ayu Kartini Untuk Perempuan Indonesia. Jurnal Humanitas, 7(1).

Kusuma, A. D. (2022). Kartini dan Pemikirannya: Menyelami Gagasan Kritis Sosok Perempuan Jawa di Akhir Abad XIX. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 284-293.

Manijo, M. (2018). Menggali Pendidikan Karakter Anak “Perspektif RA Kartiniâ€. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 38-57.

Mas’Ud, L., & Mulyaningsih, R. D. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 275-288.

Muthoifin, M., Ali, M., & Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 36-47.

Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ohorella, G. A., Sutjiatiningsih, S., & Ibrahim, M. (1992). Peranan wanita Indonesia dalam masa pengerakan nasional. Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Pramudawardhani, I., & Estiana, E. (2019). Perjuangan Dan Pemikiran Ra Kartini Tentang Pendidikan Perempuan. Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(1).

Ricklefs, M.C. (2017). Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suryani, N. A., & Hudaidah, H. (2021). PEMIKIRAN RA KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 119-122.

Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2018). Politik Etis dan Pengaruhnya Bagi Lahirnya Pergerakan Bangsa Indonesia. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 403.

Susilo, J., Rasyad, S., & Wulandari, N. (2019). Woman Images In Novel Midah Si Manis Bergigi Emas By Pramoedya Ananta Toer (A Feminism Approach). Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 1(2).

Wulandari, S., & Akhmad Arif Musadad, R. (2015). Perjuangan Danudirja Setiabudi dalam Bidang Pendidikan di Hindia-Belanda 1912-1914 dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA. Candi, 9(1), 31-49.

Yasmis, Y. (2009). Sarikat Islam Dalam Pergerakan Nasional Indonesia (1912-1927). Jurnal Sejarah Lontar, 6(1), 21-31.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Dewi, R. U. (2023). KARTINI FONDS SEBAGAI WADAH DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 73-81. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.25086