MENELADANI KISAH INSPIRATIF SANTRI NAHDLATUL ULAMA SERTA MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR MELALUI PERISTIWA SEJARAH PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL

Authors

  • Dimas Yoga Ferdiyanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.24950

Keywords:

Kisah inspiratif, Santri dan Pemuda NU, Cinta tanah air

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kisah inspiratif santri dan pemuda Nahdlatul Ulama terhadap semangat nasionalisme "Hubbul Wathon Minal Iman" dan kontribusi santri dan pemuda masa kini dalam meneruskan perjuangan dan cita-cita kemerdekaan Indonesia di tengah tantangan dan hambatan di masa depan. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode heuristik dalam pendekatan penelitian sejarah untuk mengumpulkan dan menganalisis data serta menemukan informasi baru dan memahami konteks yang lebih dalam dari sumber-sumber sejarah yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran santri dan pemuda Nahdlatul Ulama dalam perjuangan kemerdekaan serta dampaknya terhadap semangat nasionalisme dan kecintaan pada tanah air. Melalui sejarah pergerakan nasional, kita dapat melihat bagaimana mereka berjuang dengan gigih dan penuh semangat “hubbul wathon minal iman†untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini juga penting untuk menjaga semangat kebangsaan dan persatuan dalam masyarakat Indonesia. Sebagai generasi penerus, kita harus terus meneladani semangat perjuangan dan kecintaan tanah air yang ditunjukkan oleh para santri dan pemuda Nahdlatul Ulama pada masa pergerakan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, A. (2017). Peran santri dan pemuda Nahdlatul Ulama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 167-182.

Djazuli, A. (2017). "Hubbul Wathon Minal Iman" Dalam Perspektif Sejarah Islam Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Al-Ma'rifa, 2(2), 197-207.

Farih, A. (2016). Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 251-284.

Khoiruddin. (2019). Santri dan Pemuda Nahdlatul Ulama dalam Gerakan Nasional. Jurnal Sejarah, 14(2), 156-167.

Laksono, Anton Dwi. (2018). Apa itu Sejarah ; Pengertian, Ruang lingkup, Metode dan penelitian, Pontianak : Derwati Press

Nasution, H. N. (2019). Gerakan Pemuda dan Peranannya dalam Proses Kemerdekaan Indonesia. Medan: Perpustakaan Unimed.

Rochanah, R. (2018). Menumbuhkan Sikap Hubbul Wathon Mahasiswa Stain Kudus Melalui Pelatihan Belanegara. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2).

Rofiah, Z. (2022). Telaah konseptual slogan hubbul wathan minal iman kh. hasyim asy’ari dalam meningkatkan kesadaran bela negara. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 21(1), 39-51.

Soebardi, S. (2019). Dari Santri Menuju Proklamator: Perjalanan Hidup KH. Hasyim Asy'ari. Jakarta: Gema Insani Press.

Sukirno. (2018). Meneladani Perjuangan Santri dan Pemuda Nahdlatul Ulama dalam Membangun Kecintaan Tanah Air. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 71-87.

Tuahunse, T. (2009). Hubungan antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan sikap terhadap bela negara. Jurnal Kependidikan, 39(1).

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Ferdiyanto, D. Y. (2023). MENELADANI KISAH INSPIRATIF SANTRI NAHDLATUL ULAMA SERTA MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR MELALUI PERISTIWA SEJARAH PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 65-72. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i3.24950