SEJARAH PERKEMBANGAN KOREAN FOOD DI KOTA JAMBI MASA REFORMASI (2000-2021)
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24759Keywords:
Korean Wave, Korean Food, Kota JambiAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan sejarah perkembangan makanan Korea (Korean Food) di Kota Jambi tahun 2000-2021. Dengan masuknya Korean Wave di Kota Jambi, perkembangan Korean Wave dapat dilihat dari tumbuhnya minat kaum muda terhadap kebudayaan Korea Selatan mulai dari musik, drama, fashion, makanan, hingga teknologi. Salah satunya adalah munculnya minat akan makanan khas Korea atau (Korean Food). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan historis, dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, verifikasi atau pengujian, penafsiran, dan penulisan sejarah. Perkembangan Korean Wave di Kota Jambi dapat dilihat dari tumbuhnya minat kaum muda terhadap kebudayaan Korea Selatan mulai dari musik, drama, fashion, makanan, hingga teknologi. Karena pengaruh dari tayangan televisi drama korea tersebut dapat dilihat sebagai peluang-peluang bisnis yaitu munculnya minat akan makanan khas Korea Selatan atau Korean Food pada kalangan masyarakat Indonesia termasuk Jambi. Hasil penelitian ini menjelaskan sejarah perkembangan dan minat makanan khas Korea di kalangan masyarakat Kota Jambi.
Downloads
References
Adi, G. K. H. (2019). KOREAN WAVE (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang). Program Studi Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Diponegoro.
Budaya Makanan Korea Selatan. https://eprints.umm.ac.id/68509/3/BAB%202.pdf Diakses pada Kamis, 28 April 2022, pukul 14.23 WIB.
Gottschalk, L. (1983). Mengerti Sejarah (terj. Nugroho Notosusanto). Jakarta: UI Press.
Je Seong, Jeon dan Yuwanto. (2014). “Era Emas Hubungan Indonesia-Korea: Pertukaran Kultural Melalui Investasi dan Migrasi,†Hubungan Internasional- Korea Selatan, Penerbit Buku Kompas.
Masbudi, M., Elisabeth C. Y., Adi S. K. (2014). Perancangan Buku Pengenalan Makanan khas Korea. Jurnal DKV Adiwarna, Vol. 1 No. 4, Hal. 1-2
Prawira, E. B., Maswadi, dan Rakhmad H. (2019). Analisis Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Korea di Kota Pontianak. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian, Vol. 8 No. 3. Hal.
Ristyorini, E., Tati S., dan Karpin. (2020). Manfaat Hasil Belajar Makanan Oriental Pada Kesiapan Wirausaha Makanan Korea. Jurnal Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner, Vol. 9, No. 1. Hal. 7-16. DOI: https://doi.org/10.17509/boga.v9i1.24173
Setyani Hillar, Aulia., dan Azhari Zakky, M. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol. 4 No. 1 Hal. 67-74.
Wardah, S. E. (2014). Metode Penelitian Sejarah. TSAQOFAH, Vol. 12 No. 2 Hal. 163-175.
Widyani, Y. (2014). Peran Drama “Let’s Eat†Sebagai Media Penyebaran Budaya Populer (Studi Kasus Kuliner Korea Terhadap Restoran Korea di Bandung). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Universitas Telkom.
Yuliani, D. (2018). Kuliner Khas Korea Selatan di Dalam Kehidupan Masyarakat Kota Makassar. Program Studi Pendidik Antropologi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinta Mahardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.