PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24671Keywords:
Media Pembelajaran, Animasi Powtoon, Sejarah LokalAbstract
Tujuan pendidikan sejarah adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kognisi,emosi dan gerak psikologis, memahami nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah, sehingga menumbuhkan rasa jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan masa depan. Namun pada kenyataannya sangat berbeda dengan mempelajari sejarah, yang bukannya memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan tersebut, justrut erkesan suram, sia-sia, hafalan, dan tumpul, sehingga perlu diusahakan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Media Pembelajaran Powtoon berbasis sejarah local Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran Animasi Powtoon berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 8 Kota Jambi sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu media pembelajaran Animasi Powtoon berbasis sejarah lokal dapat mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah dan meningkatkan keaktifan siswa, sehingga media pembelajaran Animasi Powtoon berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah menjadi sebuah media yang dapat memberikan pengalaman belajaran yang menarik, menyenangkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar sejarah di SMA.
Downloads
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Fitriana, N.S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitar Islam Negeri, Raden Intan Lampung
Fitriyani, Nina.(2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal: Tunas Bangsa. Vol. 6. No.1. hal 106-107.
Reksiana. (2022). Pengembangan Desain Model Desain Kemp Dalam Pembelajaran. Journal of Islamic Education. Vol.4. No.1.
Reza, R. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Prodi Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruaan. Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.
Rivai. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal. 21
Wulandari, et al. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negri 8 Kota Jambi. Prodi Pendidikan PPKN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.
Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V. jurnal: Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). Vol.8. No.2.hal 269-279.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Atmasari, Reka Seprina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.