PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME FLY SPIN BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI

Authors

  • Viona Audia Putri Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24670

Keywords:

Game Fly Spin, Media Pembelajaran, Sejarah Lokal

Abstract

Tujuan pembelajaran sejarah adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pengetahuan kognitif, afektif dan psikomotorik serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah, guna mengembangkan jati diri bangsa untuk menghadapi tantangan masa depan. Namun pada kenyataannya sangat berbeda dengan kelas sejarah, alih-alih memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut, pembelajaran sejarah terkesan kelam, tidak bermakna, penuh beban berat penghafalan dan membosankan serta kurang menarik. Maka perlu sebuah upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan media pembelajaran game fly spin berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah di SMA. Metodologi yang digunakan adalah desain pengembangan media 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media game fly spin berbasis sejarah lokal pada pelajaran sejarah di SMA sangat layak untuk di gunakan dalam pembelajaran sejarah. Selain itu, dapat mengatasi permasalahan sejarah, meningkatkan keaktifan siswa, dan menjadikan pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan meningkatkan semangat belajar siswa dalam belajar sejarah di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin. (2020). Konsep Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Harvarindo.

Arbiah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ski Kelas Iv Mi Al-Madaniyah Jempong Mataram Tahun 2020/2021. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam. Unversitas Muhammadiyah Mataram.

Arikunto, S. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, Vol 2 No. 2, hlm. 105-120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Batubara, A. K., & Firduansyah, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Stkip Pgri Lubuklinggau. Elementary School Journal, Vol 10 No. 3, hlm. 157-159. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.19884

Burhan Nurgiyantoro, dkk. (2017). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu Sosial. DI Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru : Laksita Indonesia.

Daryanto, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: PT. Putra

Endrayanto. (2018). Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT. Sanisius.

Fitriana, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Intan Lampung.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Karmela, S. H., & Agustiningsih, N. (2017). Candi Muara Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal Jambi Dalam Periodisasi Hindu– Budha ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. Vol 1, hlm. 1-16. http://dx.doi.org/10.33087/istoria.v1i1.1

Munadi, Yudhi. (2018). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Morissan M. dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuk Media.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal : Pendidikan Manajemen. Vol.3., No.2, Hal. 173-185. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 3(1), 30-36. http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885

Sapriya. (2016.) Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sari, Nita Fitria. (2019). Pembelajaran Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Peserta Didik Kelas II SD Muhamadiya 3 Gersik. Pendidikan, hlm. 5-20.

Sanjaya. (2017). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

___________ (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. (2017). Statistik Inferensial. Yogyakarta: Andi Offset

Winarsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Putri, V. A., & Seprina, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME FLY SPIN BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(2), 48-61. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24670