PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 6 BATANGHARI

Authors

  • Dinda Sintya Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24669

Keywords:

Media Pembelajaran, Sejarah Indonesia, Videoscribe

Abstract

Dalam rangka menumbuhkan rasa jati diri bangsa dan mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan, pendidikan sejarah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik serta pemahamannya terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam setiap peristiwa sejarah. Namun, mempelajari sejarah benar-benar unik; alih-alih memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan ini, tampaknya sulit, serampangan, berulang-ulang, melelahkan, dan kurang mengasyikkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat bahan ajar videoscribe untuk kelas sejarah SMA yang fokus pada sejarah lokal. Metode yang diikuti adalah desain untuk pengembangan model 4D. Media pembelajaran videoscribe berbasis sejarah lokal dapat digunakan di kelas sejarah SMA, sesuai temuan penelitian. Ini juga berpotensi untuk meningkatkan pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memecahkan masalah sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin. (2020). Konsep Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Harvarindo.

Anon. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ayu, Wulandari Dyah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/ 2016. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhan, Nurgiantoro. (2017). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu Sosial. DI Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru : Laksita Indonesia.

Dellyardianzah. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSP Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 4. No. 1.

Endrayanto. (2018). Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT. Sanisius.

Fitriana, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik . Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Intan Lampung.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, M. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Kusen Pintu Dan Jendela Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal : Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 5, No 1. Hal 1-7.

Karo-karo. I.RR., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal: Pendidikan dan Matematika. Vol. 7, No.1. Hal.91-103.

Khoerunnisa, P. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal: Pendidikan Dasar. Vol 4, No. 1. Hal.1-27.

Morissan. M. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Munadi, Yudhi. (2018). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Munawar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 di SMA Negeri 3 Salatiga. Program Studi Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Munawwarah, Rafiqal. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruaan. Universitas Islam Negeri Allauddin Makassar.

Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Tanggerang. CV Jejak.

Nuryadi., dkk. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Octavianingrum. (2017). Media Pembelajaran Videoscribe. Bandung: Rizki Press.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal: Pendidikan Manajemen. Vol.3., No.2, Hal. 173-185.

Purnomo, B., Rahmini, R., & Syahputra, M. A. D. (2023). Development of Exe Learning Based E-Module with Whatsapp Application for Online History Learning to Increase Learning Result. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1).

Purwanto,Agus,dkk. (2020). “Studi Eksploratif Damapak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.†Jurnal: Jounal of Education. Vol.2,No.1.

Reza. Rizki. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruaan. Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.

Sadiman. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembanga dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. (2017). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Sapriya. (2016). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Bandung: Alfabeta.

Susanto,dkk. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.

Sutopo. (2017). Statistik Inferensial. Yogyakarta: Andi Offset.

Syaharuddin. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah. Tanggerang: Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI).

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Sintya , D. ., & Seprina, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 6 BATANGHARI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(2), 19-33. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24669