KIPRAH ORGANISASI WANITA TAMAN SISWA DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PENDIDIKAN PEREMPUAN INDONESIA

Authors

  • Amalina Haidah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pergerakan Perempuan Indonesia, Organisasi Wanita Taman Siswa, Memperjuangkan Hak Pendidikan

Abstract

Tujuan awal diberlakukannya kebiijakan Politik Etis yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat di tanah jajahan. Namun, dalam pelaksanaannya memperlihatkan sisi ketidakadilan. Kepentingan pihak kolonial selalu diprioritaskan di atas kepentingan rakyat pribumi. Terlebih dalam pelaksanaan Politik Etis di bidang edukasi yang terkesan rasis dan diskriminatif. Pendidikan hanya ditujukan bagi anak-anak keturunan Eropa, Timur Asing (Arab dan Cina), kaum bangsawan dan dikhususkan untuk kaum laki-laki saja. Pada saat itu kaum perempuan Indonesia hanya dianggap sebelah mata dan diperlakukan sewenang-wenang dalam segala hal. Kekangan adat istiadat juga turut andil dalam membatasi kebebasan perempuan dalam mengenyam pendidikan. Melihat kondisi demikian kaum wanita pribumi bangkit untuk memperjuangkan hak pendidikan mereka melalui organisasi-organisasi perempuan. Salah satu organisisasi perempuan tersebut yaitu Organisasi Wanita Taman Siswa. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana kiprah perempuan yang tergabung dalam Organisasi Wanita Taman Siswa dalam memperjuangkan hak pendidikan dan kesetaraan kedudukan dengan kaum laki-laki. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini yaitu dengan studi pustaka yang berpedoman pada tahapan-tahapan penelitian sejarah yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Organisasi Wanita Taman Siswa merupakan wadah bagi kaum perempuan pribumi untuk menyalurkan aspirasinya melawan ketidakadilan pemerintah kolonial Hindia Belanda dalam bidang pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, K. (2006). Peranan Organisasi Wanita Taman Siswa dalam Pengembangan Pendidikan di Yogyakarta (1922–1946). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Anwar, R. L. I, & Yulifar, L. (2019). Peranan Raden Ajeng Sutartinah dalam Memperjuangkan Hak Pendidikan untuk Perempuan melalui Organisasi Wanita Tamansiswa Tahun 1922-1971. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 171-186.

Bratasiswara, H. (1997). Dr. Ki Hadjar Dewantara, Pejuang, Pendidikan, Budayawan dan Pahlawan Nasional. Surakarta: Rekso Pustoko.

Cahyani, S. T. F., & Swastika, K. (2015). Perjuangan Organisasi Perempuan Indonesia Menuntut Hak Pendidikan Pada Masa Kolonial Belanda Tahun 1912-1928. Jurnal Pendidikan. 1(1):1-14.

Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia. (1986). Sejarah Setengah Abad Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia 1928-1978. Jakarta: Balai Pustaka.

Haidah, Amalina. (2020). Karifan Lokal Pada Bangunan Kolonial SD Bina Harapan Purbalingga (Alasan Rasis dan Diskriminatif Dibalik Pembangunannya). Karya Tulis Ilmiah.

Harisuprihanto, Lilik. (2019). Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Semester 1. Surakarta: CV Grahadi

KOWANI.WANITA TAMAN SISWA. (2017). https://kowani.or.id/wanita-taman-siswa, diakses pada 10 Maret 2023 pukul 19.05

Laksono, A. D. (2018). SEJARAH: Pengertian, Ruang Lingkup, Metode, dan Penelitian. Pontianak: Derwati Press.

Megawati, P. (2016). PEMIKIRAN SRI WULANDARI MANGUNSARKORO TENTANG PENDIDIKAN DAN WANITA (1923-1959). Risalah, 2(8).

Ridjal, F, dkk. (1992). Dinamika Gerakan Perempuan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sudiyo. (2004). Perhimpunan Indonesia. Jakarta: Bina Adiaksara.

Sukmana, W. J. (2021). Metode penelitian sejarah. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 14.

Wardah, E. S. (2014). Metode penelitian sejarah. Tsaqofah, 12(2), 165-175.

Yuliati, Y. (2016). Konsep Pendidikan Perempuan di Taman Siswa. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10 (1), hlm. 114- 124.

Yuniarti, E. S. (2018). Pendidikan Bagi Perempuan Jawa Pada Abad Ke 19. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 12(1), 30-38.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Haidah, A. (2023). KIPRAH ORGANISASI WANITA TAMAN SISWA DALAM MEMPERJUANGKAN HAK PENDIDIKAN PEREMPUAN INDONESIA. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(3), 26-37. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/krinok/article/view/24497