PENGARUH DERMAGA BOOM BATU DI JAMBI PADA TAHUN 1926-1942

Authors

  • Wifi Mahrufi Saputra Universitas jambi
  • Siti Muntamah Universitas Jambi
  • Isrina Siregar Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24416

Keywords:

Dermaga, Pemanfaatan, Jambi, Angso Duo

Abstract

Dermaga Boom Batu Jambi adalah salah satu dermaga penting di Provinsi Jambi, Indonesia. Dermaga ini terletak di tepi Sungai Batanghari dan memiliki peran strategis dalam pengembangan perekonomian di daerah tersebut. Selain berfungsi sebagai titik penting dalam pengangkutan barang dan orang, pelabuhan ini juga menjadi tujuan wisata yang populer di Jambi. Namun, seperti dermaga-dermaga di Indonesia lainnya, pelabuhan Boom Batu Jambi juga menghadapi berbagai tantangan dalam pengembangan dan pengelolaannya. Peran dermaga ini sangat penting dalam memajukan sektor ekonomi dan pariwisata di Jambi, sehingga perlu adanya perhatian dan upaya untuk meningkatkan kualitas dan pemanfaatan dermaga ini. Riset ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dermaga boom batu dalam daerah angso duo pada tahun 1926 – 1942 sebagai sarana transportasi keluar masuk kapal, barang, dan pusat ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Riset ini menujukkan bahwa dermaga boom batu memiliki peranan yang signifikan dalam memajukan sector ekonomi dan pariwisata di Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra, A. A., & Djalante, S. (2016). Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 6(1).

Gottschalk, L. (1986). Mengerti Sejarah. Diterjemahkan oleh Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hamid, A. R. (2015). Sejarah Maritim Indonesia. Yogyakarta : Ombak.

Noor, J. T. (2015). Relief Sejarah Dan Perjuangan Rakyat Jambi, Sekretariat DPRD Jambi.

Koentjaraningrat. (1983). Metode Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Daliman, A. (2018). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta; penerbit Ombak.

Razif Dan M. Fauzi. (2017). Jalur Rempah Dan Dinamika Masyarakat Abad X-XVI: Kepualauan Banda, Jambi, Dan Pantai Utara Jawa. (Penerbit Direktorat Sejarah Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan: Jakarta)

Sari, R. A. W. (2015). Pelaksanaan Pajak Minuman Keras Di Jambi Tahun 1885-1936, Avatara E-Journal Pendidikan Sejarah, 2(3). Universitas Negeri Surabaya.

Karmela, S. H. (2015). Kehidupan Ekonomi Penduduk Dalam Setiap Periodesasi Sejarah Jambi, Jurnal dikdaya Universitas Batanghari.

Yuliyanti. (2014). Kejayaan Indonesia Sebagai Negara Maritim. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 27(2).

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Saputra, W. M., Muntamah, S., Siregar, I., & Purnomo, B. (2023). PENGARUH DERMAGA BOOM BATU DI JAMBI PADA TAHUN 1926-1942. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(2), 1-8. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i2.24416