PENGARUH ISLAMISASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT BANTEN

Authors

  • Dinda Sintya Universitas Jambi
  • Isrina Siregar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24297

Keywords:

Islamisasi, Kehidupan, Kebudayaan, Masyarakat Banten

Abstract

Proses islamisasi yang terjadi di Banten menjadi titik awal terbentuknya sejarah peradaban islam disana. Artikel ini menjelaskan pengaruh terhadap kehidupan sosial dan budaya yang terjadi pada masyarakat Banten. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terbagi menjadi empat bagian yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi dan Histiografi. Masuknya pengaruh islamisasi pada kehidupan masyarakat Banten dibawa oleh para pedagang islam yang berdagang hingga kiprah dari Syaikh Syarif Hidayatullah atau yang dikenal Sunan Gunung Jati hingga diturunkan ke putranya Maulana Hasanuddin. Sehingga mayoritas masyarakat Banten mendalami kehidupan sosial dan budaya dengan berdasar pada agama islam. Semasa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa kehidupan sosial maupun budaya masyarakat Banten dapat dikatakan cukup baik dan meningkat pesat. Semua kehidupan masyarakat berlandaskan pada ajaran agama islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bauto, L. M. (2014). Perspektif Agama Dan Kebudayaan Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.

Dewi, Kurniawati.H. (2003). Kepemimpinan Kiai dan Jawara di Banten Pengaruhnya terhadap Good Governance. Banten: LSPB.

Djajadiningrat, Husein. (1983). Tinjauan Historis Sajarah Banten. Djakarta: Djambatan.

Fithoroini, D. (2021). Tradisi Buka Pintu Dalam Perkawinan Masyarakat Banten: Studi terhadap Tradisi Ya Lail di Kampung Pakuncen Ciwedus, Cilegon. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam.

Hasan Muarif Ambary, (2001). Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Huriyudin, H. (2014). Ekspresi Seni Budaya Islam di Tengah Kemajemukan Masyarakat Banten. Jurnal Lektur Keagamaan. Vol 12 (1), 8-12.

Karomani. (2009). Ulama, Jawara dan Umaro: Studi Tentang Elite Lokal di Banten.

Kuntowijoyo. (1955). Metodologi Sejarah.Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Nugroho, Notosusanto. (1971). Norma-Norma Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah. Jakarta: Departemen Pertahanan-Keamanan Pusat Sejarah ABRI.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Sintya, D., & Siregar, I. (2023). PENGARUH ISLAMISASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT BANTEN. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 138-145. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24297