PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET BERBASIS SEJARAH LOKAL DI SMA N 8 KOTA JAMBI

Authors

  • Siti Muntamah Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24293

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Maket, Sejarah Indonesia

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diperoleh seluruh komponen masyarakat Indonesia dengan tujuan memberikan ruang pengetahuan bangsa, sikap nasionalisme, dan berperan dalam membentuk karakter pribadi peserta didik terhadap diri sendiri, masyarakat dan bangsa serta menanamkan nilai budaya, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bangsa dan negara ini. Namun dibalik itu semua pemenuhan proses pendidikan sejarah tidak sejalan dengan kenyataan di dunia pendidikan saat ini, mata pelajaran sejarah dinilai tidak penting untuk dipelajari. Selain itu bermunculan persepsi dari peserta didik bahwa mata pelajaran sejarah membosankan, kurang menarik dan menjenuhkan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran maket berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Metodologi yang digunakan adalah desain pengembangan model Bela H Banathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran maket berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah Indonesia  di SMA Negeri 8 Kota Jambi layak untuk digunakan dalam proses  pembelajaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyah, R. (2018). Peran Guru Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal Di SMAN 1 Ambarawa. Jurnal : Historia Pedagogia. Vol.7, No.2. https://doi.org/10.15294/hisped.v7i2.31813. Hal. 105-112.

Arikunto,S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriana, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik . Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Raden Intan Lampung.

Gunawan, M. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Kusen Pintu Dan Jendela Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal : Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Vol. 5, No 1. Hal 1-7.

Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal Yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah dan Budaya. Jurnal : Sejarah, Budaya dan Pengajarannya. Vol. 11, No.2. Hal.160-166.

Khoerunnisa, Putri. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal : Pendidikan Dasar. Vol.4, No.1. Hal.1-27.

Latri, N. A. L. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Tiga Dimensi dalam Proses Pembelajaran Fiqih Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakata.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal : Pendidikan Manajemen. Vol.3., No.2, Hal. 173-185.

Purnomo, B., Rahmini, R., & Syahputra, M. A. D. (2023). Development of Exe Learning Based E-Module with Whatsapp Application for Online History Learning to Increase Learning Result. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1).

Sadiman. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Syaputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan situs purbakala candi muaro jambi sebagai objek pembelajaran sejarah lokal di era digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77-87.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal: Komunikasi Pendidikan, Vol.2, No.2, Hal. 103116 . https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Muntamah, S., & Seprina, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET BERBASIS SEJARAH LOKAL DI SMA N 8 KOTA JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 124-137. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24293