PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINDMAP BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XII DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI

Authors

  • Pitri Pitri Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24260

Keywords:

Media Pembelajaran, Mindmap, Pengembangan Sejarah lokal

Abstract

Pembelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk membentuk kepribadian peserta didik, yang tujuannya untuk memahami dan membudayakan nasionalisme, menggali jati diri bangsa, membentuk peradaban berkarakter bangsa yang bernilai ,menjadikan manusia berperilaku arif dan bijaksana, menghindari kegagalan dan kesalahan apa yang telah dilakukan sebelumnya serta menemukan sumber baru untuk membentuk visi masa depan. Namun, hal ini sangat berbeda dengan sudut pandang, sebagaimana pemahaman siswa, bahwa pembelajaran sejarah hanya terdiri dari sejarah masa lalu, sistem pembelajaran didominasi oleh hapalan dan terlihat membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metodologi yang digunakan adalah pengembangan desain model Bela Banathy H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pengembangan media pembelajaran mindmap berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah peminatan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R.I (2018). Fungsi dan jenis media pendidikan dalam akuntansi pendidikan. Jurnal: Pendidikan Akuntansi di Indonesia. Vol.16, No.(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173 Hal 98-110.

Agustin, D. dkk (2018). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal: Pendidikan Matematika RAFA. Vol.4, No,(1). Hal 9-18.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal: Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.2, No.(1). Hal 94-109.

Hidayat, Isnu. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Miarso, Yusufhadi. (2015). Pemilihan dan Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rivai,Pratiwi dkk. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Gresik. Vol.1, no.1. Hal 3-21.

Swari, N.P.P. (2022). Pengembangan mind mapping berbasis masalah sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V. Jurnal: Untuk Pelajaran dan Pembelajaran. Vol.5, no.1. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46129. Hal 1-19.

Susanto, Kartodirjo. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Yagyakarta: Ombak

Widjaja, Jordan. (2017). Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.

Yuhardi, Meri dkk. (2022). Pelajari cerita yang penuh dengan sejarah lokal. Kaganga: Jurnal: Pendidikan Sejarah dan Penelitian Sosial Humaniora. Vol.5, no.2. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4302. Hal 179-188.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Pitri, P., & Seprina, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINDMAP BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS XII DI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 111-123. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24260