PENDIDIKAN SEJARAH SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24256Keywords:
Pendidikan Sejarah, Pendidikan KarakterAbstract
Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan sesorang. Pendidikan karakter berkaitan dengan contoh perilaku yang bisa ditiru atau sebagai contoh untuk membangun karakter siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bagaimana pendidikan sejarah disekolah dijadikan sebagai penguat dari pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Dari hasil penelitian ini didapatkan menunjukkan bahwa pendidikan sejarah sebagai pendidikan yang mempelajari peristiwa masa lalu merupakan sarana nilai karakter dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya, menumbuhkan karakter melalui pendidikan sejarah bukanlah sekedar menghafal dan mengetahui peristiwa tersebut, melainkan mengembangkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.
Downloads
References
Elmubarok, Zaim. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Alfabeta: Bandung.
Fatthurrohman, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama: Bandung.
Gde. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah.
P2LPTK: Jakarta.
Hardoyo, R. (2014). Perlunya Pendidikan Karakter Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sejarah Di Smp. Jurnal Widya Sari. Vol. 16, No. 2.
Harsojo, A. (2013). Membangun Karakter Berkearifan Lokal dalam Bingkai Pendidikan
Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan. 4 (1). 19-28.
Hasan, A. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kasmadi, Hartono. (1996). Model-model dalam Pengajaran Sejarah. IKIP Semarang Press: Semarang.
Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). PT Gramedia
Widiasarana Indonesia: Jakarta.
Leo Agung, Sri Wahyuni. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Ombak Dua: Yogyakarta.
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Citra Media: Surabaya.
Rulianto, dkk. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Vol. 4, No. 2.
Rusman. (2012). Model- Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 1(3).
Susanto Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Presindo: Yogyakarta.
Trianto, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Cerdas Pustaka Widja, I: Jakarta.