KOMERSIALISASI ALAT MUSIK GONG BULEUH DARI SUNGAI PENUH BEBASIS HISTOENTREPRENEURSHIP

Authors

  • Ari Sura Gunawan Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.22230

Keywords:

Gong Buleuh, Upacara Adat, Komersialisasi

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengungkap sisi nilai potensi ekonomis yang dapat di peroleh dari adanya alat musik Gong Buluh yang ada di dalam Kesenian Gong Bulueh yang berasal dari kota Sungai Penuh, daerah ini merupakan salah wilayah yang terletak di Provinsi Jambi, yang di dalamnya mempunyai penduduk asli yaitu yang di kenal dengan nama suku Kerinci. Suku Kerinci dalam kehiduanya di kenal memiliki banyak peninggalan kebudayaan yang merupakan peninggalan langsung dari budaya leluhur nenek moyang mereka yang hingga saat ini masih terjaga kelestarian dan keberadaanya di tengah-tengah masyarakat Kerinci. Dalam hal ini penelitian di lakukan dangan mencari sumber-sumber yang relevan dengan judul dan masalah bahasan yang ada dengan pendekatan studi kepustakaan nantinya hasil dari penelitian ini akan membahas terkait peranan penting dari adanya gong buleuh ini dalam kehidupan masyarakat kerinci, Selain itu dalam pencarian sumber data penelitian peneliti mengunakan metode deskriptif analisis sebagai metode yang menjadi dasar dengan campuran menggunakan pendekatan Histoenterprenuership. Dalam acara kenduri sko kedudukan ada ini tanpa menampilkan musik Gong Buleuh maka upacara dianggap tidak bermakna bagi masyarakat Kota Sungai Penuh. Dengan adanya musik Gong Buleuh dalam upacara Kenduri Sko masyarakat dapat berkomunikasi dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk meresmikan pembukaan Kenduri Sko tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Francis, Y. S. (2017). Transmisi Alat Musik Sasando Sebagai Media Seni Budaya di Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Hasyimkan, H., Barnawi, E., & Pamungkas, B. (2021). Pengaruh Kebudayaan Jambi Terhadap Gamolan Lampung. Journal Of Music Education And Performing Arts, 1(1), 1-10.

Helida, A. (2016). Perhelatan kenduri sko sebagai sebuah pesan kebudayaan masyarakat Kerinci di taman nasional Kerinci Seblat. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 29(1), 34-43

Lestari, T. I. (2015). Kajian Stilistika Puisi Anak Dalam Rubrik Percil Pikiran Rakyat Tahun 2014 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nur, M., & Noorbani, M. A. (2020). Ratib Tegak Sebagai Media Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. In Proceeding of Seminar International Literature Nusantara, Vol. 2, No. 1, pp. 225-237.

Nasution, S. (2017). Tradisi Kenduri Sko Dan Memandikan Benda-Benda Pusaka Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Kelurahan Dusun Baru Kota Sungai Penuh). Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 17(2), 75-96.

Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rinawati, R. (2020). Entrepreneurship Pustakawan di Era Persaingan Global. Media Pustakawan, 18(2), 20-23.

Sari, S. K. (2018). Upaya Pelestarian Gong Buluh di Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sepdwiko, D. (2020). Keberadaan Musik Gong Buleuh pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 5(3).

______________. (2016). Hadirnya Musik Gong Perunggu dalam Upacara Adat Kenduri Sko pada Masyarakat Kerinci Provinsi Jambi. JURNAL SITAKARA, 1(1).

______________. (2016). Upacara Adat Kenduhai Sko Pada Masyarakat Kerinci Provinsi Jambi. Jurnal Seni, Desain dan Budaya, 1(1).

Sunliensyar, H. H. (2016). Ritual Asyeik sebagai Akulturasi antara Kebudayaan Islam dengan Kebudayaan Pra-Islam Suku Kerinci.

Susanti, N. (2022). Makna Tradisi Lisan Plaho di Desa Koto Aro Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci. Kalistra, 1(2), 194-220.

ZE, D. S. (2019). RITUS DAN MANUSKRIP:(Analisis Korelasi Naskah dengan Kenduri Sko di Kerinci). Hadharah.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Gunawan, A. S. (2022). KOMERSIALISASI ALAT MUSIK GONG BULEUH DARI SUNGAI PENUH BEBASIS HISTOENTREPRENEURSHIP. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(3), 180-190. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.22230