KONTRIBUSI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH DENGAN POJOK BACA
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.22178Keywords:
Kontribusi Mahasiswa, Minat Baca, Pojok BacaAbstract
Perencanaa proses pembelajaran dilakukan dengan mengembangkan budaya memabaca dan menulis. Hal ini menegaskan bahwa sangat pentingnya membaca dalam proses pendidikan Akan tetapi diera sekarang yang dimana semakin dipermudah dengan adanya teknoligi dalam kenyataanya hal tersebut berbanding terbalik Dalam kenyataan pesatnya perkembangan yang dialami sekarang tidak di iringi dengan pesatnya minat membaca. Dalam karya tulis ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan langkah-langkah mengumpulkan sumber, melakukan analisis pada sumber, Pengumpulan data (data collection), Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing / verification). Terdapat 3 faktor terbesar yang menyebapkan rendahnya minat membaca pada kalangan mahasiswa pendidikan sejarah, yaitu: 1. Rendahnya waktu membaca buku pada kalangan mahasiswa. 2.Mahasiswa lebih nyaman dalam menggunakan internet. 3.Rendahnya kepemilikan bukubuku bacaan pada kalangan mahasiswa. Salah satu pemikiran kami sebagai penulis dalam memecahkan masalah tersebut ialah dengan program perencaan pojok baca serta kegiatankegiatan yang ada didalamnya seperti; pojok cerita, pojok suara serta tembok cerita. Sehingga dari program pojok baca tidak hanya akan meningkatkan minat baca saja, melainkan juga meningkatkan daya berfikir kritis, kemampuan menulis serta, pengembangan diri dalam bersosisalisasi.