PENGARUH EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X IPA 1 SMAN 11 MUARO JAMBI

Authors

  • Seriyana Seriyana Universitas Jambi
  • Nelly Indrayani Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19322

Keywords:

Ekstrakulikuler Pramuka, Pembelajaran Sejarah, Pembentukan Karakter

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter siswa pada kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi. Jenis peneltian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Sampel pada penelitian hanya berjumlah 35 siswa. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil dan pengolahan data untuk variabel Ektrakulikuler Pramuka (X1) tersebut nilai thitung sebesar 2,297 dibandingkan dengan ttabel dk= n-1 =34 maka ttabel = 1,6909  dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain terdapat pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap pembentukan karakter, untuk variabel  Pembelajaran Sejarah (X2) nilai thitung sebesar  2,395  dibandingkan dengan ttabel dk= n-1 = 34 maka ttabel = 1,6909  dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima , dengan kata lain terdapat pengaruh Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Karakter, untuk model regresi ini adalah 5.032 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009, sedangkan nilai Ftable yang tersaji diperoleh dar df= N-k-1 = (35-2-1) = 32 diperoleh sebesar 2.92, sehingga dapat disimpulkan  terdapat Pengaruh Ekstrakulikuler Pramuka dan  Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Kelas X IPA 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Seriyana, S., Indrayani, N., & Purnomo, B. (2022). PENGARUH EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X IPA 1 SMAN 11 MUARO JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(1), 135-143. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19322

Issue

Section

Articles