PENGARUH EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DAN PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X IPA 1 SMAN 11 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19322Keywords:
Ekstrakulikuler Pramuka, Pembelajaran Sejarah, Pembentukan KarakterAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakulikuler pramuka dan pembelajaran sejarah terhadap pembentukan karakter siswa pada kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi. Jenis peneltian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Sampel pada penelitian hanya berjumlah 35 siswa. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil dan pengolahan data untuk variabel Ektrakulikuler Pramuka (X1) tersebut nilai thitung sebesar 2,297 dibandingkan dengan ttabel dk= n-1 =34 maka ttabel = 1,6909 dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain terdapat pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap pembentukan karakter, untuk variabel Pembelajaran Sejarah (X2) nilai thitung sebesar 2,395 dibandingkan dengan ttabel dk= n-1 = 34 maka ttabel = 1,6909 dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak dan Ha diterima , dengan kata lain terdapat pengaruh Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Karakter, untuk model regresi ini adalah 5.032 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009, sedangkan nilai Ftable yang tersaji diperoleh dar df= N-k-1 = (35-2-1) = 32 diperoleh sebesar 2.92, sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Ekstrakulikuler Pramuka dan Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Kelas X IPA 1 SMA Negeri 11 Muaro Jambi.