PEMIKIRAN S.K. TRIMURTI 1933-1957 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

Authors

  • Intri Nursadeli Pendidikan Sejarah Unja
  • Budi Purnomo Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Nelly Indrayani Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19319

Keywords:

Pemikiran, Perempuan, Kemerdekaan, Sumber Belajar Sejarah

Abstract

Pemikiran S.K Trimurti dituangkan dalalm bentuk tulisan yang diterbitkan dalam majalah dan pamflet seperti Majalah Fikiran Rakyat, Suara Marhaeni, Pesat, dan Trompet.
Pemikiran yang dituangkannya bertujuan untuk membangkitkan semangat juang masyarkat
Indoensia dalam melawan Penjajah. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana
pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan mempertahnkan kemerdekaan. Metode
penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan
mempertahankan kemerdekaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah pada mata
pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah Peminatan. Pemikiran S.K Trimurti memiliki peran
penting terhadap peserta didik karena dapat meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme
dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga peserta didik
akan lebih menghargai perjuangan tokoh nasionalisme dan memajukan Indonesia pada masa
yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Nursadeli, I., Purnomo, B., & Indrayani, N. (2022). PEMIKIRAN S.K. TRIMURTI 1933-1957 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(1), 144-155. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19319

Issue

Section

Articles