PEMIKIRAN S.K. TRIMURTI 1933-1957 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.19319Keywords:
Pemikiran, Perempuan, Kemerdekaan, Sumber Belajar SejarahAbstract
Pemikiran S.K Trimurti dituangkan dalalm bentuk tulisan yang diterbitkan dalam majalah dan pamflet seperti Majalah Fikiran Rakyat, Suara Marhaeni, Pesat, dan Trompet.
Pemikiran yang dituangkannya bertujuan untuk membangkitkan semangat juang masyarkat
Indoensia dalam melawan Penjajah. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi bagaimana
pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan mempertahnkan kemerdekaan. Metode
penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran S.K Trimurti dalam memperjuangkan dan
mempertahankan kemerdekaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah pada mata
pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah Peminatan. Pemikiran S.K Trimurti memiliki peran
penting terhadap peserta didik karena dapat meningkatkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme
dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga peserta didik
akan lebih menghargai perjuangan tokoh nasionalisme dan memajukan Indonesia pada masa
yang akan datang.