PEMANFAATAN MUSEUM SIGINJAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS JAMBI

Authors

  • Rati Isrowiyah Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Reka Seprina universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18623

Keywords:

Museum Siginjai, Sumber Belajar, Universitas Jambi.

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah adalah “Bagaimana Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Universitas Jambiâ€. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Universitas Jambi. Penelitian ini tergolong dalam penelitian Kualitatif Deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang melalui beberapa tahap yaitu: tempat dan waktu penelitian, pendekatan dan jenis penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, uji validasi data, teknik analisis data dan prosedur penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Museum Siginjai merupakan salah satu sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, dari museum dapat memberikan imajinasi posisif kepada peserta didik, mahasiswa dan masyarakat mengenai koleksi-koleksi yang ada dimuseum. Imajinasi yang timbul nantinya akan memberikan kesadaran baru kepada peserta didik dan mahasiswa bahkan dengan datang berkunjung ke museum akan memberikan sumber belajar baru khususnya untuk sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Isrowiyah, R., & Seprina, R. (2022). PEMANFAATAN MUSEUM SIGINJAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS JAMBI. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(2), 156-172. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18623