JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERANAN SULTAN THAHA DALAM PERANG GERILYA (1858 – 1904)

Authors

  • Suci Meilany Pendidikan Sejarah UNJA
  • Reka Seprina Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.18437

Abstract

Kedatangan Belanda ke Jambi membawa reaksi Sultan Thaha bersama rakyat untuk menentang kekuasaan Belanda di wilayah Jambi. Sehingga pembatalan perjanjian yang pernah di sahkan memicu timbulnya perlawanan antara Sultan Thaha dengan Belanda yang di dukung oleh rakyat Jambi. Perlawanan ini disebut dengan perang Gerilya. Meotode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa peranan Sultan Thaha bersama rakyat dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah bagi peserta didik. Sehingga dapat meningkatkan pola pikir peserta didik untuk berpikir secara kritis dan dapat menumbuhkan karakter peserta didik terhadap peranan tokoh perjuangan di masa lalu, serta menumbuhkan kesadaran sejarah bagi tiap peserta didik. Menjadikan pembelajaran sejarah akan lebih bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Meilany, S., & Seprina, R. (2022). JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERANAN SULTAN THAHA DALAM PERANG GERILYA (1858 – 1904). Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(3), 1-16. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.18437