JAMBI MASA KOLONIALISME IMPERIALISME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS SISTEM PEMERINTAHAN BELANDA TAHUN 1615-1942

Authors

  • Siti Sholekhah mahasiswa
  • Reka Seprina Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18339

Keywords:

Kata kunci: Kolonialisme, Imperialisme, Sistem Pemerintahan Belanda, Sumber Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Jambi merupakan salah satu wilayah yang tidak terlepas dari keinginin Belanda yang ingin menguasai Jambi seutuhnya dan menjadikan wilayah Jambi sebagai koloni di Asia Tenggara dengan menjadikan Jambi sebagai wilayah keresidenan, hal ini membawa Jambi mengalami perubahan dalam bidang pemerintahannya. Pemerintahan kolonial Belanda resmi menguasai Jambi ketika runtuhnya kesultanan Jambi, maka pada tahun 1906 berdiri keresidenan pertama di Jambi sehingga secara resmi Jambi dibawah pemerintahan kolonial Belanda. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana sistem pemerintahan Belanda di Jambi yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalan penulisan artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemerintahan Belanda dapat dijadikan sumber pembelajaran khususnya sejarah. Sumber pelajaran memikili peranan yang sangat penting bagi peserta didik karena dengan menjadikan sistem pemerintahan Belanda sebagai sumber pembelajaran dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa serta dengan belajar sejarah mereka akan mengenal sejarah yang terdapat dilingkungkan sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Sholekhah, S., & Seprina, R. (2022). JAMBI MASA KOLONIALISME IMPERIALISME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS SISTEM PEMERINTAHAN BELANDA TAHUN 1615-1942. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18339