PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS PERJUANGAN RAKYAT KERINCI MELAWAN BELANDA (1901-1903) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Authors

  • Vidya Putri Kartini Universitas Jambi
  • Taofik Kurohman Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Pendidikan Sejarah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.17957

Keywords:

Kolonialisme, Imperialisme, Pengembangan, Bahan Ajar Sejarah, Sejarah Lokal Kerinci

Abstract

Kerinci merupakan wilayah yang pernah melakukan perlawanan terhadap Kolonialisme Belanda pada tahun 1901-1903, hal ini merupakan bentuk perjuangan rakyat Kerinci dalam menolak imperialisme dan Kolonialisme. Penelitian ini lebih difokuskan untuk pengembangan produk yakni bagaimana perjuangan rakyat Kerinci dalam melawan Kolonialisme Belanda (1901-1903) yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar terutama dalam pengembangan bahan ajar yang berbasis sejarah lokal pada mata pelajaran sejarah Indonesia di Kerinci terutama dalam kurun waktu kolonialisme dan Imperialisme Eropa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan bahan ajar berbasis sejarah lokal sangat bermanfaat bagi peserta didik dikarenakan materi pembelajaran yang dekat dengan lingkungan kehidupan peserta didik, bisa menambakan minat belajar sejarah peserta didik, dan menumbuhkan rasa semangat nasionalisme peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Kartini, V. P., Kurohman, T., & Purnomo, B. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS PERJUANGAN RAKYAT KERINCI MELAWAN BELANDA (1901-1903) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(1), 50-58. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i1.17957

Issue

Section

Articles