PENGEMBANGAN BUKU SAKU MANAJEMEN WAKTU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Bimbingan dan Konseling bagi siswa SMA kelas XI dengan materi Manajemen Waktu, mengetahui kelayakan Buku Saku sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE.Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui observasi, wawancara, dan angket.Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Buku Saku yaitu: 1) Analysis (Penganalisisan), dalam tahapan ini berisi analisis kebutuhan, tujuan dan materi, 2) Design (Perancangan), tahap ini meliputi spesifikasi media, struktur materi, dan tata letak serta desain buku saku, 3) Development (Pengembangan),tahapan ini meliputi pembuatan produk yang kemudian divaliadasi oleh tim ahli dengan hasil dari kualiatas buku dapat dikatakan baik, 4) Implementation (Pengimplementasian), dan 5) Evaluation (Pengevaluasian). Dengan demikian produk dinyatakan layak, ditinjau dari desain media dan materi terhadap buku saku yang di kembangkan dan layak untuk di ujicobakan. Dari hasil angket respon siswa diperoleh persentase skor sebesar 77,87% (Baik), dari hasil data tersebut siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk yang dikembangkan. Modul elektronik yang telah dikembangkan ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran selain digunakan sebagai media belajar mandiri baik di kelas maupun di luar kelas.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.