Pemberdayaan Tenaga Pendidik: Upaya Implementasi Pembelajaran Abad 21 di SMP Adhyaksa 1 Jambi

Penulis

  • Imelda Aisya Syarif a:1:{s:5:"en_US";s:22:"SMP Adhiyaksa 1 Jambi ";}
  • Ika Kartika Sari SMA N 8 Tanjung Jabung Timur

DOI:

https://doi.org/10.22437/jupema.v2i1.28630

Abstrak

Inisiatif pemberdayaan ini bertujuan untuk menawarkan panduan komprehensif tentang bagaimana merancang dan mengembangkan e-learning untuk pendidikan abad ke-21. Program ini dirancang untuk melatih dan mempersiapkan pendidik dalam metode pengajaran terbaru yang berfokus pada desain e-learning. Hal ini juga memberikan konsep-konsep penting dan wawasan ke dalam proses dan kompetensi penting untuk e-learning yang efektif. Di dunia sekarang ini, keterampilan merancang dan mengelola platform e-learning sangat diperlukan bagi para guru. Kegiatan yang terlibat dalam inisiatif ini meliputi pelatihan, pendampingan, implementasi, dan evaluasi. Pesertanya sebagian besar adalah guru IPA dari SMP Adhyaksa 1 Jambi. Data yang terdiri dari hasil observasi dan angket dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa guru telah berhasil memperoleh keterampilan menggunakan e-learning secara efektif. Mereka kini dapat menciptakan ruang e-learning yang berisi materi pendidikan untuk siswa. Namun, masih terdapat tantangan dalam penerapan e-learning di seluruh sekolah, terutama karena keterbatasan sumber daya dan infrastruktur. Meskipun terdapat hambatan-hambatan ini, masukan yang diterima melalui kuesioner sangat positif, sehingga mendukung nilai kegiatan pelatihan dan pemberdayaan dalam pendidikan abad ke-21.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-18

Cara Mengutip

Aisya Syarif, I., & Kartika Sari, I. (2023). Pemberdayaan Tenaga Pendidik: Upaya Implementasi Pembelajaran Abad 21 di SMP Adhyaksa 1 Jambi . Jurnal JUPEMA, 2(1), 12-20. https://doi.org/10.22437/jupema.v2i1.28630

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama