Pemberdayaan Tenaga Pendidik: Upaya Implementasi Pembelajaran Abad 21 di SMP Adhyaksa 1 Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jupema.v2i1.28630Abstrak
Inisiatif pemberdayaan ini bertujuan untuk menawarkan panduan komprehensif tentang bagaimana merancang dan mengembangkan e-learning untuk pendidikan abad ke-21. Program ini dirancang untuk melatih dan mempersiapkan pendidik dalam metode pengajaran terbaru yang berfokus pada desain e-learning. Hal ini juga memberikan konsep-konsep penting dan wawasan ke dalam proses dan kompetensi penting untuk e-learning yang efektif. Di dunia sekarang ini, keterampilan merancang dan mengelola platform e-learning sangat diperlukan bagi para guru. Kegiatan yang terlibat dalam inisiatif ini meliputi pelatihan, pendampingan, implementasi, dan evaluasi. Pesertanya sebagian besar adalah guru IPA dari SMP Adhyaksa 1 Jambi. Data yang terdiri dari hasil observasi dan angket dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa guru telah berhasil memperoleh keterampilan menggunakan e-learning secara efektif. Mereka kini dapat menciptakan ruang e-learning yang berisi materi pendidikan untuk siswa. Namun, masih terdapat tantangan dalam penerapan e-learning di seluruh sekolah, terutama karena keterbatasan sumber daya dan infrastruktur. Meskipun terdapat hambatan-hambatan ini, masukan yang diterima melalui kuesioner sangat positif, sehingga mendukung nilai kegiatan pelatihan dan pemberdayaan dalam pendidikan abad ke-21.