https://online-journal.unja.ac.id/jupema/issue/feed Jurnal JUPEMA 2025-02-21T14:30:38+07:00 Jurnal JUPEMA jurnal.jupema@unja.ac.id Open Journal Systems <p>JUPEMA adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat yang mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM). JUPEMA di kelola oleh Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi yang beralamat di Kampus Pinang Masak Jl. Raya Jambi-Muara Bulian KM. 15 Mendalo Indah Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, Propinsi Jambi-Indonesia. Dengan fokus dan scope meliputi kegiatan pengabdian masyarakat dengan multidisiplin ilmu yang melaksanakan pelatihan, pemberdayaan, pengembangan dan pelayanan masyarakat. Jurnal ini diterbitkan setahun dua kali yaitu pada bulan november dan mei.</p> https://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/41961 Pelatihan Artikel untuk guru dalam pengembangan Profesionalisme 2025-02-21T12:01:37+07:00 Opela Futri Salsabilla opela2027@gmail.com Cholida Hafni alisadikin@unja.ac.id Dewi Sulistyo Rini sadikinali007@gmail.com <p>Menulis karya ilmiah atau artikel merupakan salah satu tuntutan guru SMA dalam rangka mengimplementasikan ilmunya. Kemampuan menulis artikel belum sepenuhnya dikuasai oleh guru-guru di SMA N 2 Muaro Jambi. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah bagi guru di SMA N 2 Muaro Jambi supaya menjadi guru profesional. Metode pelaksanaan kegiatan diawali dengan kegiatan diskusi tentang kendala dan ide dari guru-guru. Tahap kedua, kami dari tim akan mengadakan pemberian materi dalam Menyusun artikel ilmiah, komponen apa saja yang perlu di kuasai dan bagaimana mengimplementasikannya. Tahap ketiga, kegiatan praktek menulis artikel dan mendukung dengan referensi.</p> 2025-02-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal JUPEMA https://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/41964 Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru-Guru untuk meningkatkan kemampuan pdagogik 2025-02-21T14:06:28+07:00 Ajeng Pramesti Cahyani Cahyani pujiutari2988@unja.ac.id Delia Junika Setya Ningsih ningsih@gmail.com Dewi Sulistyo Rini alisadikin@unja.ac.id Opela Futri Salsabilla alisadikin@unja.ac.id Cholida Hafni alisadikin@unja.ac.id <p>Pelatihan model pembelajaran abad 21 bagi guru-guru di era digital adalah inisiatif yang krusial dalam menghadapi perubahan cepat dalam dunia pendidikan. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali guru dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di abad 21. Dengan memanfaatkan model pembelajaran inovatif seperti Project-Based Learning (PjBL), Inquiry-Based Learning (IBL), dan Flipped Classroom, guru diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis, kreatif, dan berbasis teknologi. Artikel ini membahas secara komprehensif tentang pentingnya pelatihan, metode yang digunakan, hasil dan pembahasan, serta studi kasus penerapan model pembelajaran abad 21 di berbagai sekolah.</p> 2024-12-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal JUPEMA https://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/41966 Pelatihan Kewirausahaan di Era Digital bagi Siswa dan Guru 2025-02-21T14:30:38+07:00 Cholida Hafni alisadikin2027@gmail.com Asbul Dio Ramadan sadikinali007@gmail.com Alviani Alviani alisadikin@unja.ac.id Amelia Supriadi alisadikin@unja.ac.id Cahaya Anistia alisadikin@unja.ac.id Mariana Mariana sadikinali007@gmail.com Helen Helen sadikinali007@gmail.com <p>Pelatihan kewirausahaan bagi guru dan siswa di era digital merupakan upaya strategis untuk membekali peserta dengan keterampilan yang diperlukan dalam dunia bisnis yang dinamis. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, keterampilan kewirausahaan menjadi semakin penting untuk dipelajari dan dikuasai. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kewirausahaan serta mengintegrasikan teknologi digital ke dalam praktik bisnis. Artikel ini membahas pentingnya pelatihan kewirausahaan, metode pelatihan yang digunakan, serta dampaknya terhadap guru dan siswa.</p> 2024-12-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal JUPEMA