https://online-journal.unja.ac.id/jupema/issue/feedJurnal JUPEMA2024-10-14T12:38:17+07:00Jurnal JUPEMAjurnal.jupema@unja.ac.idOpen Journal Systems<p>JUPEMA adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat yang mempublikasikan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM). JUPEMA di kelola oleh Laboratorium Pembelajaran FKIP Universitas Jambi yang beralamat di Kampus Pinang Masak Jl. Raya Jambi-Muara Bulian KM. 15 Mendalo Indah Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, Propinsi Jambi-Indonesia. Dengan fokus dan scope meliputi kegiatan pengabdian masyarakat dengan multidisiplin ilmu yang melaksanakan pelatihan, pemberdayaan, pengembangan dan pelayanan masyarakat. Jurnal ini diterbitkan setahun dua kali yaitu pada bulan november dan mei.</p>https://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/36787Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring, Handsoap dan Detergen Berbasis Bahan Alami Di Desa Jati Mulyo2024-08-21T17:39:48+07:00Afrida Afridaafrida@unja.ac.idRayandra Asyarrayandra@unja.ac.idFuldiaratman Fuldiaratmanfuldiaratman@unja.ac.idIsra Mihartiisramiharti@unja.ac.idMinarni Minarniminarnifst@unja.ac.idRobiatul Adawiyahribiatuladawiyah@unja.ac.id<p>Berisi Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan perekonomian di Desa Jati Mulyo melalui pelatihan pembuatan sabun cuci piring, Handsoap dan Detergen berbasis bahan alam. Metode pelatihan pembuatan sabun cuci piring, handsoap dan detergen ini meliputi studi survei tempat, sosialisasi program dan wawancara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan pembuatan sabun cuci piring, handsoap dan detergen dapat meningkatkan kesehatan dan perekonomian masyrakat melalui peningkatan keterampilan, diversifikasi ekonomi, peningkatan penghasilan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi sorotan, menciptakan dampak positif yang signifikan pada tingkat individu dan komunitas.Keberhasilan implementasi strategi ekonomi kreatif dalam konteks desa, dapat memberikan dorongan positif bagi perkembangan ekonomi desa Jati Mulyo.</p>2024-08-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/36680Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Pengembangan Usaha Produksi Kuliner Kue Di Kota Jambi2024-08-28T05:10:39+07:00Netty Herawatynetherawaty@unja.ac.idSri Rahayurahayu@gmail.comWiwik TiswiyantiWiwik@gmail.comRahayu Rahayurahayu@gmail.comSylvia Kartika Wulan Bnetherawaty@unja.ac.id<p>Pengabdian ini berjudul Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Pengembangan Usaha Produksi Kuliner Kue Di Kota Jambi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan mitra usaha kuliner Lapis Angso Duo. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra dan peserta lainnya dalam perhitungan harga pokok produksi dan bagaimana pembelian bahan baku yang efisien sehingga pada saat ada orderan, produksi tidak terhambat hanya karena ketidaktersediaan bahan baku atau kekurangan bahan baku. Permasalahan mitra yaitu permasalahan dalam perhitungan harga pokok produksi yang nantinya akan berdampak terhadap penentuan harga jual produk, permasalahan dalam pembelian, kapan sebaiknya mengorder kembali bahan baku, Permasalahan dengan adanya keterbatasan modal usaha dan permasalahan pemasaran. Metode yang digunakan dengan menggunakan ceramah kepada mitra dan peserta pengabdian dengan menyampaikan materi yang berkaitan dengan harga pokok produksi. Hasil pengabdian ini memperlihatkan bahwa pemahaman peserta terhadap perhitungan harga pokok produksi sudah ada namun mereka belum mempraktekkan secara utuh. Harapan peserta adalah adanya kegiatan lanjutan dari tim untuk tahun-tahun akan datang terutama dalam hal akuntansi UMKM.</p>2024-08-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/36935Pelatihan Penulisan Artikel Bagi Guru-Guru di SMP Negeri 1 Muaro Jambi 2024-09-20T12:19:37+07:00Ali Sadikinasadikinali@gmail.comJodion Siburianjodion.siburian@unja.ac.idLely Mardiyanti lelymardiyanti@unja.ac.idFitri Astriawati fitriastriawati@unja.ac.idDanial Mursydmursyddanial94@unja.ac.id<p><em>Writing scientific articles is important for teachers to increase professionalism. Every time you teach in class, there are certainly many problems that can be researched and produce written work. The service method is carried out using the lecture method, followed by the practice of writing articles using AI assistance. As a result of service activities, teachers gain knowledge and skills in writing scientific articles. They are enthusiastic about using AI in creating articles.The Community Service Program (PPM) for article writing was conducted at SMP N 1 Muaro Jambi, involving 28 teachers from various subject areas. The training began with the presentation of materials, followed by practical sessions and a Q&A segment. The teachers were enthusiastic about participating in the training, particularly in utilizing AI to assist in writing articles. </em></p> <p>Abstrak. Penulisan artikel ilmiah penting bagi guru untuk meningkatkan profesionalisme. Setiap kali mengajar dikelas tentu banyak persoalan yang dapat diteliti dan menghasilkan sebuah karya tulis. Metode pengabdian dilaksanakan dengan metode ceramah, dilanjutkan dengan praktek penulisan artikel dengan menggunakan bantuan AI. Hasil kegiatan pengabdian guru-guru memperoleh pengatahuan dan keterampilan dalam menulis artikel ilmiah. Mereka antusias dalam menggunakan AI dalam membuat artikel. Kegiatan PPM penulisan artikel dilaksanakan di SMP N 1 Muaro Jambi yang diikuti oleh 28 orang guru dari bermacam bidang studi. Pelatihan diawali dengan pemaparan materi, praktek, dan tanya jawab. Guru-guru antusias mengikuti pelatihan, terutama dalam penggunaan AI untuk membantu penulisan artikel.</p>2024-09-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/37099Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Budidaya Maggot untuk Pengelolaan Sampah Organik menjadi Alternatif Pakan Ternak dan Pupuk di Kelurahan Olak Kemang 2024-09-28T12:35:21+07:00Muhammad Pujamuhammadpuja2229@gmail.comRayhan Fadhillah Rahmad alisadikin@unja.ac.idGhina Prihandanialisadikin@unja.ac.idRika Fatimahalisadikin@unja.ac.idAdinda Fitrillaalisadikin@unja.ac.idAyu Lestari muhammadpuja2229@gmail.comHaya Hayamuhammadpuja2229@gmail.comZulpatur Rahmamuhammadpuja2229@gmail.comSayra Humairohmuhammadpuja2229@gmail.comRestu Syafitrimuhammadpuja2229@gmail.comWidia Widiamuhammadpuja2229@gmail.comArsa Fatonamuhammadpuja2229@gmail.comDian Arisandy Eka Putra Sembiringmuhammadpuja2229@gmail.com<p><em>Olak Kemang Village faces significant challenges in managing organic waste, impacting both the environment and health. Unmanaged organic waste produces methane, exacerbating global warming. To address this, IMABIO Universitas Jambi initiated a maggot cultivation training program, transforming waste into animal feed and fertilizer, while creating new economic opportunities. This study aims to empower the community through technical and business training for economic sustainability. The method includes surveys, training, and the establishment of a local organization. As a result, community awareness has increased, and income has grown through the sale of dried maggots. This program offers practical solutions and empowers the community, with the potential to serve as a model for other areas.</em></p> <p><span style="font-weight: 400;">Abstrak. Kelurahan Olak Kemang menghadapi tantangan besar dalam pengelolaan sampah organik, yang berdampak pada lingkungan dan kesehatan. Sampah organik yang tidak dikelola menghasilkan metana, memperburuk pemanasan global. Untuk mengatasi ini, IMABIO Universitas Jambi memulai program pelatihan budidaya maggot, mengubah sampah menjadi pakan ternak dan pupuk, serta membuka peluang ekonomi baru. Penelitian ini bertujuan memberdayakan masyarakat dengan pelatihan teknis dan bisnis untuk keberlanjutan ekonomi. Metode meliputi survei, pelatihan, dan pembentukan organisasi lokal. Hasilnya, kesadaran masyarakat meningkat dan pendapatan bertambah melalui penjualan maggot kering. Program ini menawarkan solusi praktis dan memberdayakan masyarakat, berpotensi menjadi model bagi daerah lain.</span></p>2024-09-29T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/32235Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Study Bagi Guru-Guru di Mandrasah Aliyah Al-Kausar Dendang2024-08-14T04:31:31+07:00Desfaur Nataliadesfaur.natalia@unja.ac.idAsni Joharijohari_asni@yahoo.comMuhammad Naswirm.naswir@yahoo.comMuswita .Muswitamuswita@unja.ac.id<p><em>The ability to think critically is one of the competencies that is really needed in 21st century learning. In order for students to be trained to think critically, teachers as educators must be able to design learning tools that can improve their students' critical thinking skills. Based on facts in the field and interviews with several teachers, they have difficulty designing learning tools that can train students' critical thinking skills. Referring to this problem, teachers at Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang need training and assistance in making these learning tools. The service method is made in the form of workshops/training, and assistance in making case study-based learning tools. The results of training activities and assistance in making case study-based learning tools received a positive response from teachers. It is hoped that with this mentoring activity, teachers at Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang can develop learning tools well and be able to overcome the problems they have faced so far.</em></p> <p>Abstrak. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang sangat dibutuhkan pada pembelajaran abad 21. Agar peserta didik terlatih untuk berpikir kritis maka guru sebagai pendidik harus mampu merancang perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan melatih kemampuan berpikir kritis peserta didiknya. Berdasarkan fakta di lapangan dan wawancara beberapa orang guru, mereka kesulitan dalam merancang perangkat pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Mengacu kepada permasalahan ini maka guru-guru di Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang butuh pelatihan dan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran tersebut. Metode pengabdian dibuat dalam bentuk workshop/pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan perangkat pembelajaran berbasis <em>case study</em>. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis <em>case study</em> mendapat respon positif bagi guru-guru. Diharapkan dengan adanya kegiatan pendampingan ini, guru-guru di Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik dan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi selama ini.</p>2024-10-03T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/37619Pendampingan Pemilihan Studi Lanjut Melalui Analisis Bakat dan Minat Siswa SMKN 8 Merangin2024-10-14T12:38:17+07:00Mohamad Muspawimuspawi02@gmail.comRahman K.A.ka_rahman@unja.ac.idMulyadi Mulyadimulyadiahmad@unja.ac.idYudo Handokoyudo@unja.ac.idAgus Lestari agus_lestari@unja.ac.id<p><em>Choosing further studies is an important step in the educational journey of SMKN 8 Merangin students to achieve success in the future. However, many students face difficulties in understanding their talents and interests as well as limited access to information about appropriate further study options. Therefore, this training aims to increase students' understanding of their talents and interests and provide adequate information about further study options that suit their potential. The results of this training show that students increasingly have insight into their own potential. And the training participants have been recommended to continue their education according to their talents and interests</em><em>.</em></p> <p>Abstrak. Pemilihan studi lanjut merupakan langkah penting dalam perjalanan pendidikan siswa SMKN 8 Merangin untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami bakat dan minat mereka serta keterbatasan akses terhadap informasi tentang pilihan studi lanjut yang sesuai. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bakat dan minat diri mereka serta menyediakan informasi yang memadai tentang pilihan studi lanjut yang sesuai dengan potensi mereka. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para siswa semakin memiliki wawasan mengenai potensi yang ada pada diri mereka. Dan para peserta pelatihan telah direkomendasikan melanjutkan pendidikan sesuai dengan bakat dan minat mereka.</p>2024-10-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMAhttps://online-journal.unja.ac.id/jupema/article/view/37403Penguatan Manajemen Aset Tetap dan Akademik Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan2024-10-03T08:14:48+07:00Sri Rahayurahayu@gmail.comSalman Jumailisri_rahayu@unja.ac.idRahayu Rahayusri_rahayu@unja.ac.idFerdiaz Saudagarsri_rahayu@unja.ac.idPradita Eko Prasetyo Utomosri_rahayu@unja.ac.id<p><em>Schools have a responsibility to provide education for the nation's generation well. Schools need good fixed assets to be able to provide optimal academic services for students. The Jambi University community service activities team carries out activities to strengthen the administration of the school's fixed assets and academics. Activities are carried out through the Kukerta MBKM DLT scheme with a location at State Elementary School 03, Olak Kemang Village, Danau Teluk District, Jambi City. This activity was carried out by lecturers and students from three study programs, namely Accounting, Educational Administration and Information Systems. Community service activities (PPM) are carried out in the form of assistance in managing fixed assets and education administration. Students together with the school carry out the process of inventorying and structuring the administration of fixed assets and the school reading room. The school was very enthusiastic about participating in this activity. This is evident from the discussion process, contributions and participation of all parties in the school in supporting this activity. The school really hopes that other mentoring and training activities related to increasing skills for teachers and staff in managing the administration of educational institutions can be carried out in the future. The school also hopes that the collaboration between Jambi University and the School will continue with other activities that can be developed further.</em></p> <p>Abstrak. Sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pendidikan bagi generasi bangsa dengan baik. Sekolah membutuhkan aset tetap yang baik untuk dapat memberikan layanan akademik secara optimal bagi siswa. Tim kegiatan pengabdian kepada masyarakt Universitas Jambi melakukan kegiatan penguatan administrasi aset tetap dan akademik sekolah. Kegiatan dilakukan melalui skema Kukerta MBKM DLT dengan Lokasi di Sekolah Dasar Negeri 03 Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dari tiga program studi yaitu Akuntansi, Administrasi Pendidikan dan Sistem Informasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) dilakukan dalam bentuk pendampingan pengeloaan aset tetap dan administrasi pendidikan. Mahasiswa bersama pihak sekolah melakukan proses inventarisasi dan penataan administrasi aset tetap dan ruang baca sekolah. Pihak sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini terbukti dari proses diskusi, kontribusi dan partisipasi seluruh pihak di sekolah dalam mendukung kegiatan ini. Sekolah sangat berharap kegiatan pendampingan dan pelatihan lain terkait peningkatan keterampilan bagi guru dan pegawai dalam mengelola administrasi institusi pendidikan dapat dilakukan pada masa yang akan datang. Sekolah juga berharap Kerjasama antara Universitas Jambi dan Sekolah terus berlanjut dengan kegiatan lain yang dapat dikembangkan lebih lanjut.</p>2024-10-22T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Jurnal JUPEMA