Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Pembelajaran

Authors

  • Fitri Jasmin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Yusuf Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jupema.v1i1.21923

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi di dan untuk lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan untuk penyediaan informasi yang mudah di akses oleh semua lapisan masyarakat. Penyediaan dan penyebarluasan informasi tersebut dapat dilakukan di berbagai media sosial. Media sosial adalah platform media yang memusatkan perhatian pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktifitas maupun berkolaborasi. Perkembangan publikasi media sosial ini dimanfaatkan oleh berbagai lembaga, termasuk juga lembaga pendidikan. Publikasi media sosial berperan penting dalam penyebaran informasi lembaga, keunggulan lembaga, kurikulum lembaga, dan lain sebagainya. Berdasarkan kebutuhan tersebut, pengabdian masyarakat ini dilakukan di Yayasan Pendidikan Nurul Iman Mendahara untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam mengembangkan publikasi di media sosial. Selama ini, publikasi di media sosial yang sudah dilakukan masih terbatas. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan ada keterampilan baru dalam mengelola publikasi di media sosial untuk penyebarluasan informasi lembaga. Publikasi ini juga akan menjadi media promosi yang hemat dan efektif. Kegiatan dilakukan dengan pola workshop, dimulai dengan pemberian materi, praktik terbimbing, praktik langsung, dan evaluasi kegiatan. Agar materi kegiatan mudah dipahami, tim pelaksana pengabdia masyarakat telah menyediakan modul kegiatan, sehingga bisa dibaca sesudah kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan, diberikan lima rekomendasi sosial media yang cocok digunakan dalam pubikasi lembaga, yaitu facebook, youtube, website, Instagram dan tiktok. Yayasan Pendidikan Nurul Iman Mendahara telah memiliki facebook, dan youtube. Website, Instagram dan tiktok akan dikembangkan setelah kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles