This is an outdated version published on 2023-07-26. Read the most recent version.

Literasi Digital Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia

Pengertian Literasi Digital, Gagasan Dasar Pengembangan Literasi Digital,Gerakan Literasi Digital di Lingkungan Masyarakat Indonesia, Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia.

Authors

  • Aveny Kurnia Mursyida Aveny Universitas Jambi
  • Yozan Trio Mahendra Universitas Jambi
  • Dandy Saputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22866

Keywords:

hoax, informasi, Literasi Digital, masyarakat, media sosial, teknologi

Abstract

Masyarakat Indonesia secara keseluruhan perlu mewaspadai hoax di era digital ini. Berbagai dukungan juga diperlukan untuk menghentikan masalah ini, karena hoax dan berita palsu mengenai berbagai jenis informasi yang tersebar di media sosial dapat merugikan masyarakat. Edukasi masyarakat tentang literasi digital bisa menjadi salah satu metode terbaik dalam menyelesaikan masalah ini. Sekalipun masyarakat sudah mahir menggunakan teknologi digital, agar masyarakat berkembang menjadi masyarakat yang kritis dan cerdas, mereka juga perlu di didik tentang bagaimana memanfaatkan informasi yang disebarluaskan di era digital ini. Tujuan dari gerakan literasi digital masyarakat adalah agar dapat meningkatkan kinerja masyarakat untuk bersikap kritis, kreatif, dan positif saat menggunakan media digital. Literasi digital harus selalu diterapkan jika masyarakat ingin menghadapi pesatnya perubahan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

Versions

How to Cite

Aveny, A. K. M., Trio Mahendra, Y., & Saputra, D. (2023). Literasi Digital Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia: Pengertian Literasi Digital, Gagasan Dasar Pengembangan Literasi Digital,Gerakan Literasi Digital di Lingkungan Masyarakat Indonesia, Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 36-48. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22866

Issue

Section

Articles