Kajian Teknis Geometri Jalan Angkut Dari Front Menuju Stockpile di PT Seluma Prima Coal, Kabupaten Sarolangun , Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtk.v6i1.14580Abstract
Kondisi geometri jalan angkut pada PT Seluma Prima Coal (PT SPC) masih memiliki beberapa bagian geometri jalan yang belum ideal, hal ini mempengaruhi kegiatan produksi batubara, dengan target 50.000 ton/bulan. Kondisi geometri jalan yang di kaji pada penelitian ini berada pada jalan angkut dari front menuju stockpile 1 dan 2, dengan alat angkut yang melaluinya adalah Hino 500 Fm 260. Untuk mempermudah penelitian, geometri jalan angkut dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan kondisi jalan lurus dan belokan kemudian diukur untuk mendapatkan data geometri jalan secara aktual. Hasil pengukuran diolah menggunakan softwareMic. Excel 2010 dan Autocad 2007 untuk mendapatkan geometri jalan yang ideal. Hasil pengolahan data diketahui bahwa lebar jalan minimal pada kondisi lurus 5 m untuk satu lajur dan 8,75 m untuk dua lajur sedangkan pada kondisi belokan 8,975 m untuk satu lajur dan 15,706 m untuk dua lajur, jari-jari minimal 6 m, superelevasi ideal 0,04 m/m, grade 8,79%, cross slope ideal 41,67 mm/m (Azwari, 2015), sudut tanggul minimal 450 (SNI,2016), dan perlu dilakukan penambahan berupa pagar pengaman, tonggak pengaman dan deliniator. Dari hasil perhitungan rimpull setelah dilakukan perbaikan geometri jalan, travel time alat angkut meningkat dari 16,48 menit menjadi 13,79 menit dari front menuju stockpile 1 menggunakan jalan 1 dan travel time menuju stockpile 2 menggunakan jalan 1 meningkat dari 20,52 menit menjadi 17,28 menit, sehingga terjadi peningkatan produksi batubara perbulan dari 48.582,12 ton menjadi 67.549,4192 ton.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.