https://online-journal.unja.ac.id/jseb/issue/feed Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis 2023-10-24T18:01:20+07:00 Ir. Gina Fauzia., S.P.,M.Si gina_fauzia@unja.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Title:</strong> Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis<br /><strong>ISSN:</strong> P-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/1412-8241">1412-8241</a> and E-ISSN: <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2621-1246">2621-1246</a><br /><strong>Subject:</strong> Social, Economic, and Policy of Agriculture in general, <a href="https://online-journal.unja.ac.id/jseb/FocusandScope">etc</a><br /><strong>Frequency Publish:</strong> Regularly two times a year in June and December.<br /><strong>Journal Abbreviation:</strong> J. ilm. sosio-ekon. bisnis<br /><strong>Language:</strong> Indonesia and English<br /><strong>Indexed at:</strong> <a href="https://doaj.org/toc/2548-6225?source=%7B%22query%22%3A%7B%22bool%22%3A%7B%22must%22%3A%5B%7B%22terms%22%3A%7B%22index.issn.exact%22%3A%5B%222477-7935%22%2C%222548-6225%22%5D%7D%7D%5D%7D%7D%2C%22size%22%3A100%2C%22sort%22%3A%5B%7B%22created_date%22%3A%7B%22order%22%3A%22desc%22%7D%7D%5D%2C%22_source%22%3A%7B%7D%2C%22track_total_hits%22%3Atrue%7D">DOAJ SEAL,</a> <a href="https://essentials.ebsco.com/search/eds/details/edufisika-jurnal-pendidikan-fisika?query=EduFisika%3A%20Jurnal%20Pendidikan%20Fisika&amp;requestCount=0&amp;db=edsdoj&amp;an=edsdoj.2898423bd59c47ccb56a335bb37fb630">EBSCO,</a> <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/469">Sinta 5</a>, <a href="https://search.crossref.org/?q=edufisika%3A+jurnal+pendidikan+fisika&amp;from_ui=yes" target="_blank" rel="noopener">DOI Crossref,</a> <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.59052%2Fedufisika.v8i1.19156&amp;search_type=kws&amp;search_field=doi&amp;and_facet_source_title=jour.1368239" target="_blank" rel="noopener">Dimension,</a> <a href="https://garuda.ristekbrin.go.id/journal/view/8961">Garuda</a>, <a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&amp;user=nAJkeMMAAAAJ">Goole Scholar</a>, <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?type=all&amp;lookfor=edufisika&amp;ling=1&amp;oaboost=1&amp;name=&amp;thes=&amp;refid=dcresen&amp;newsearch=1">Base</a>, <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2548-6225" target="_blank" rel="noopener">ROAD,</a> and <a href="https://explore.openaire.eu/search/find?keyword=2548-6225&amp;active=result&amp;fv0=2548-6225&amp;f0=q&amp;page=1">Open AIRE</a><br /><strong>OAI:</strong> <a href="https://online-journal.unja.ac.id/EDP/oai">https://online-journal.unja.ac.id/EDP/oai</a></p> <p style="text-align: justify;">Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis is a scientific journal that publishes various original research articles and reviews (by invitation) about the socio-economy in agriculture, including agribusiness and food information and regulation. This journal is an official publication of the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture, Jambi Agricultural University Indonesia, published since 2010. It is published regularly 2 times a year (in June and December). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis was accredited in 2018 and will remain so for five years.</p> https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/20010 STRATEGI GREEN MARKETING MIX PADA AGROINDUSTRI KOPI BIJI SALAK (KOPLAK FOOD) DI KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER 2023-06-03T12:46:08+07:00 sella rizki sellarizki19@gmail.com Sri Kantun srikantun.fkip@unej.ac.id Tiara Tiara srikantun.fkip@unej.ac.id <p>Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi <em>green marketing mix </em>pada Agroindustri Koplak Food. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman.&nbsp; Hasil dari penellitian ini adalah penerapan <em>green marketing mix</em> pada indikator <em>green product </em>ditunjukkan dengan produk yang organik dan selama proses pembuatan tetap menjaga kebersihan. Penerapan <em>Green price </em>dapat ditunjukkan dari penetapkan harga relatif lebih mahal, namun harga sesuai dengan kualitas produk. Penerapan <em>green place </em>dapat dilihat rumah produksi selalu dijaga kebersihannya. Penerapan <em>green promotion </em>yaitu promosi dilakukan bersifat transparansi dan edukatif melalui pameran dan media promosi yang dimiliki. Agroindustri Koplak <em>Food</em> belum menyertakan logo tentang keramahan lingkungan pada kemasan yaitu <em>eco label </em>dan <em>eco brand.</em> Sehingga rekomendasi yang dapat diberikan yaitu segera mendaftarkan sertifikasi ISO 14001 agar dapat memberikan logo keramahan lingkungan pada kemasan.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 sella rizki; Sri Kantun, Tiara Tiara https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/21332 PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA PEMBELIAN SAYUR DI PASAR MODERN JUMBO MART DELIMA DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU 2023-10-12T19:44:46+07:00 USWATUN KHASANAH uswatunkhasanah2488@gmail.com Yeni Kusumawaty yenikusumawaty@lecturer.unri.ac.id Eliza Eliza eliza.eliza@gmail.com <p>Pasar modern merupakan pasar yang yang dikelola menggunakan manajemen yang lebih modern, dalam pengelolaan pasar modern dibutuhkan bauran pemasaran yang baik untuk menyampaikan informasi secara luas, memperkenalkan suatu produk barang dan jasa, merangsang konsumen untuk membeli bahkan menciptakan preferensi pribadi terhadap image suatu produk. Kecamatan Tampan memiliki 140 pasar modern salah satunya adalah pasar Modern Jumbo Mart Delima yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat salah satunya sayur-sayuran dengan jenis terlengkap. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap baurran pemasaran 2) Menganalisis bauran pemasaran produk, harga, tempat, pelayanan dan promosi terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini&nbsp; dilaksanakan di Pasar Modern Jumbo Mart Delima Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penentuan responden dilakukan secara <em>purposive sampling</em> dengan kriteria yaitu konsumen sudah berusia 17 tahun dan sudah berbelanja minimal dua kali. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah produk,harga,tempat dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, sedangkan pelayanan tidak berpengaruh signifikan.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/22122 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sayuran Hidroponik di Kota Pekanbaru 2023-10-12T17:47:41+07:00 Fauziah Olga Kusuma fauziah.olga1221@student.unri.ac.id Ermi Tety ermi.tety@lecturer.unri.ac.id Susy Edwina susy.edwina@gmail.com <p>Hidroponik merupakan salah satu teknologi budidaya yang mampu menghasilkan produk dengan kualitas yang baik. Keistimewaan yang dimiliki sayuran hidroponik telah menarik minat konsumen untuk mengonsumsi produk tersebut sehingga muncul permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan sayuran hidroponik di Kota Pekanbaru, dan (2) menganalisis elastisitas permintaan sayuran hidroponik di Kota Pekanbaru. Penelitian dilakukan di 4 pasar modern yang tersebar di Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 40 respoden dengan metode <em>purposive sampling</em>. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi log linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang signfikan berpengaruh terhadap permintaan sayuran hidroponik adalah harga sayuran hidroponik, pendapatan rumah tangga, pengetahuan konsumen, dan gaya hidup dengan nilai koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) sebesar 86,60 persen.&nbsp; (2) permintaan sayuran hidroponik bersifat inelastis terhadap harga barang itu sendiri, harga barang lain, dan pendapatan sehingga sayuran hidroponik termasuk barang normal dan substitusi.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/22979 Factors Affecting the Conversion of Rubber Land to Oil Palm in Benteng Hulu Village Mempura District Siak Regency 2023-10-24T18:01:20+07:00 Alwa Wijaya Alwawijaya13@gmail.com Evy Maharani evymaharani@lecturer.unri.ac.id Arifudin Arifudin Arifudin@gmail.com <p><em>The conversion of land from rubber to oil palm by farmers is carried out to obtain greater income. The purpose of this study was to determine the factors that influence the conversion of rubber land to oil palm in Benteng Hulu Village, Mempura District, Siak Regency. The method used was simple random sampling with a sample of 60 farmers, namely 30 people who did the conversion and 30 people who did not change the function of the rubber land oil palm. The analysis used is descriptive analysis and logistic regression. The result of the study show that the age of farmers who are still in the productive category, the largest area of land owned by farmers is 0.1-3.5 ha, the level of educarion possessed is at the high school/equivalent level, the majority of farming experience is over 10 years, the number of dependents owned by farmers is at most 0-2 people. The results of the model feasibility test have been carried out which did not obtain diffrences between the two estimated logistic regression models with observational data, so that the model is feasible and appropriate to use. With a meaningful model that together gives a real influence on the model. The R square value shows 51.2 percen probability that the dependent variable is influenced by the independent variable. The wald thest shows that the variables of rubber prodyctivity and oil palm farming income partially have a significant effect on land conversion.</em></p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/24117 Keikutsertaan Pekebun dalam Kegiatan Konversi Tanaman Karet ke Kelapa Sawit di KUD Wisma Tani Kabupaten Rokan Hulu 2023-10-12T18:09:50+07:00 Muhamaad Septian Agung Sinulingga muhammad.septian4939@student.unri.ac.id Sakti Hutabarat muhammad.septian4939@gmail.com Novian Novian muhammad.septian4939@gmail.com <p class="A04-abstrak2" style="text-indent: 0cm;"><span style="font-size: 9.0pt; font-family: 'Arial','sans-serif';">Kegiatan konversi tanaman karet ke kelapa sawit merupakan kegiatan kerja sama antara pekebun yang tergabung di KUD Wisma Tani dengan PTPN V. Kerja sama hadir untuk memecahkan masalah bagi pekebun yang kesulitan untuk mencari modal dalam melakukan kegiatan konversi tanaman karet ke kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pekebun yang mengikuti kegiatan konversi tanaman karet ke kelapa sawit di KUD Wisma Tani Kabupaten Rokan Hulu. Mengetahui tingkat keikutsertaan pekebun dalam pelaksanaan kegiatan konversi tanaman karet ke kelapa sawit di KUD Wisma Tani Kabupaten Rokan Hulu. Mengetahui pengaruh karakteristik pekebun terhadap tingkat keikutsertaan pekebun dalam pelaksanaan kegiatan konversi tanaman karet ke kelapa sawit di KUD Wisma Tani Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilakukan di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keikutsertaan pekebun tahap perencanaan masuk dalam kategori tinggi, tahap pelaksanaan masuk dalam kategori sedang, tahap evaluasi dan pemanfaatan hasil masuk dalam kategori tinggi. Variabel pendidikan dan luas lahan berpengaruh signifikan terhadap tingkat keikutsertaan pekebun, sedangkan variabel umur, pengalaman dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keikutsertaan pekebun.</span></p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/24542 Perempuan dan Perkebunan Sawit 2023-07-20T11:50:01+07:00 Astrid Puspitasari astrid.puspitasari21@gmail.com <p>Kini Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar di dunia. Perkebunan sawit dan olahannya memberikan sumbangan kontribusi devisa yang besar bagi Indonesia. Begitu pentingnya sektor ini sehingga kerap kali dijuluki sebagai emas hijau. Perkembangan sawit di Indonesia pun semakin cepat dan meluas ke hampir seluruh penjuru Indonesia. &nbsp;Namun dibalik perkembangan perkebunan sawit yang begitu agresif di Indonesia, terdapat sisi lain yang patut untuk menjadi perhatian, yaitu nasib dari kelompok rentan perempuan. Perempuan terdampak besar dan signifikan dari adanya perkebunan sawit, terutama bagi para perempuan yang menjadi buruh di perkebunan sawit akibat dari hilangnya sumber penghidupan mereka. Kondisi kerja serta upah yang tidak seberapa membuat kondisi buruh sawit jauh dari sejahtera, terutama karena mayoritas dari buruh perempuan adalah buruh harian lepas tanpa kontrak kerja dan hak yang jelas, sehingga mereka dengan mudah dapat diberhentikan. Selain itu, para perempuan dan anak-anak pun kerap kali harus membantu suami dan ayah mereka yang menjadi buruh sawit untuk memenuhi target yang tidak realistis untuk menghindari hukuman atau pemotongan gaji. Mempertimbangkan hal tersebut, penting bagi Pemerintah Indonesia untuk mengeluarkan kebijakan perlindungan khusus bagi buruh perkebunan sawit untuk melindungi dan memastikan hak hak dari para buruh terjamin.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis