HUBUNGAN UNSUR-UNSUR SOSIAL BUDAYA DENGAN PENGELOLAAN USAHATANI PADI SAWAH (Studi Kasus di Desa Semurung Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun)

Authors

  • Wildan Mukholadun
  • . Rosyani
  • Emy Kernalis

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i1.2737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan usahatani, unsur-unsur sosial budaya yang dikategorikan nilai sosial, norma sosial, dan tingkat pendidikan dalam pengelolaan usahatani padi sawah, dan hubungan unsur-unsur sosial budaya yang dikategorikan nilai sosial, norma sosial dan tingkat pendidikan dengan pengelolaan usahatani padi sawah di Desa Semurung. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan yang dimulai pada 12 Mei sampai dengan 12 Juni 2012 yang dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling purposive yakni dengan pertimbangan tertentu dan pemilihan daerah penelitian secara purposive di  Desa Semurung dengan pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan desa yang memiliki produktivitas yang tinggi dengan luas panen rendah bila dibandingkan dengan desa yang lain dan desa ini juga masih menerapkan kebiasaan-kebiasaan lokal dalam mengelola usahataninya. Hubungan unsur-unsur sosial budaya yang dikategorikan norma sosial, nilai sosial dan tingkat pendidikan petani dengan pengelolaan usahatani padi sawah menggunakan uji Chi Square dengan kontingensi 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan usahatani padi sawah  dengan menerapkan kebiasaan dahulu atau diyakini berhubungan nyata dengan  pengelolaan usahatani itu sendiri sehingga dapat meningkatkan hasil dari usahataninya. Unsur-unsur sosial budaya yang dikategorikan nilai sosial, norma sosial dan tingkat pendidikan masih tergolong tinggi  dan unsur-unsur tersebut memiliki hubungan dengan pengelolaan usahatani padi sawah. Dengan penerapan budaya-budaya lokal atau kebiasaan yang diyakini, maka hal ini dapat mempertahankan budaya dahulu dan juga dapat menumbukan rasa persaudaraan, kebersamaan, dan saling menolong antar sesama.

 

Kata Kunci : Unsur Sosial Budaya Nilai Sosial, Norma Sosial, Tingkat Pendidikan, Usahatani Padi Sawah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-01-02 — Updated on 2012-01-02

Versions

How to Cite

Mukholadun, W., Rosyani, ., & Kernalis, E. (2012). HUBUNGAN UNSUR-UNSUR SOSIAL BUDAYA DENGAN PENGELOLAAN USAHATANI PADI SAWAH (Studi Kasus di Desa Semurung Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 15(1). https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i1.2737