Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy <p>Jurnal ini merupakan media publikasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan kajian Pembelajaran PPKn, pendidikan dalam perspektif sosial serta budaya, pendidikan hukum, dan pendidikan politik.</p> en-US alifaditya@unja.ac.id (Alif Aditya Candra) hendra92@unja.ac.id (Hendra) Fri, 24 Nov 2023 17:08:25 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/28934 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran PPKn pada hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran <em>Numbered Head Together</em> (NHT) di kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah PTK dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini yang dilaksanakan oleh guru PPKn dengan rencana tindakan dalam setiap siklus penelitian ini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 12 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan dokumentasi. Krikteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian yaitu 60%. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 57% dengan perolahan nilai siswa yang tuntas 22% atau 7 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa 66% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 41% atau 13 orang siswa yang tuntas. Lalu pada siklus III diperoleh persentase hasil belajar siswa 71% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 56% atau 18 siswa yang tuntas.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Hasil Belajar, <em>Numbered Head Together</em></p> Cindy Clodia Rezeki Br. Siamnungkalit Cindy, M Salam, Sundari Utami Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/28934 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0700 Meningkatkan Kesadaran Politik Masyarakat Dalam Mengadapi Tantangan Globalisasi Melalui Pendidikan politik https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29214 <p>Dalam kehidupan sosial, tidak semua individu dapat berpartisipasi secara aktif, terutama politik. Kesadaran politik melibatkan pemahaman seseorang tentang hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat, termasuk pemahaman dan perhatian terhadap isu-isu politik dan sosial. Metode yang digunakan studi literatur pendekatan kualitatif. Diperkirakan bahwa pendidikan politik yang baik akan membantu individu menjadi lebih sadar politik dan lebih siap untuk menangani kesulitan-kesulitan globalisasi. Pendidikan politik juga harus mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang. Teknologi yang mampu memfasilitasi akses ke informasi politik dan meningkatkan partisipasi warga negara di dalam proses demokrasi di era globalisasi. Oleh karena itu, pendidikan politik harus mampu membekali warga negara tentang bagaimana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif&nbsp; dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik.</p> abror mardatila, Inggit Nurahman, Alfindo, Nur Hapipah, Alif Aditya Candra Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29214 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0700 Peran Media Sosial Sebagai Agen Sosialisasi Politik Untuk Generasi Muda https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29179 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklarifikasi peran media sosial dalam mempengaruhi sosialisasi politik baru di kalangan anak muda. Kajian sebelumnya menunjukkan bahwa aktor sosial politik seperti keluarga, lembaga pendidikan, media massa, dan lembaga negara tidak lagi menarik bagi generasi muda. Isi dan cara penyampaian agen sosialisasi membuat anak muda tidak memperhatikan apa yang disampaikan. Artikel ini mengkaji bagaimana media sosial dapat menjadi sarana baru sosialisasi politik bagi kaum muda. Konten dan akses media sosial dianggap lebih up-to-date dan anak muda menggunakan media sosial sebagai sumber informasi politik. Salah satunya, ketika pemilihan umum dilaksanakan pada tahun 2014, anak muda yang baru pertama kali menjadi pemilih menggunakan media sosial sebagai acuan atau alat utama untuk berinteraksi politik. Partisipasi kaum muda dalam politik juga semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai enam anak muda.</p> Alif Aditya Candra, Iklima Nur Sya'bani Nur Sya'bani, Refi Amelia, Fitria Qutrul Nada, Aswatun Hasanah Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29179 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0700 Analisis Perilaku Sosial Remaja Terhadap Tindak Kriminalitas Penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Tanjung Jabung Timur https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/28918 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan perilaku sosial remaja terhadap tindak kriminalitas penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu tindakan yang bertentangan dengan hukum dan norma, remaja seharusnya memiliki kesadaran guna dapat mengontrol diri dari hal buruk tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas. Hal ini menandakan bahwa remaja disini membutuhkan kepedulian dari pihak keluarga dan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tindak kriminalitas penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan mengetahui perilaku sosial remaja yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini dilakukan diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya Kecamatan Muara Sabak Timur. Sampel yang dijadikan subjek yaitu 3 remaja yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba, 2 orang tua remaja , 2 anggota kepolisian Satresnarkoba di Kapolres Tanjung Jabung Timur. Pendekatan yang digunakan berupa kualitatif deskriptif data yang dihasilkan berbentuk penjabaran kata-kata maupun gambar dan tidak menekankan pada angka. Dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi remaja terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkoba adalah faktor internal berupa rendahnya kontrol diri remaja dan gangguan pola pikir, faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua dan faktor lingkungan. Melihat pentingnya tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam meminimalisir dan menekan angka tindak kriminalitas penyalahgunaan narkoba sangat berpengaruh besar terhadap perilaku sosial remaja<strong>.</strong>&nbsp;</p> Rismawati Risma, M. Salam, Priazki Hajri Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/28918 Sat, 25 Nov 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Berbagai Profesi Di Lingkungan Masyarakat Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29514 <p>Adanya pemahaman mengenai nilai kemanusiaan yang adil dan beradab yang masih kurang dalam lingkungan Masyarakat sehingga penerapan nila-nilai pancasila menjadi sebuah kewajiban bagi warga negara Indonesia sebagai pedoman hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji informasi tentang penerapan nilai-nilai pancasila sila ke-2 dalam berbagai profesi di lingkungan Masyarakat Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab harus selalu diterapkan di kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi kebiasaan serta tidak pudar begitu saja. Untuk melawan berbagai tantangan, pancasila berperan sebagai senjata demi menghormati para pahlawan yang telah berjuang akan negara Indonesia. Generasi muda penerus bangsa yang akan mempertahankan pancasila. Pancasila sebagai perwujudan di kehidupan sesuai dengan zaman. Sebuah bentuk kepercayaan terhadap perjuangan para pahlawan.</p> Nurmalia Dewi, M. Lukman Hakim, Sundari Utami, Muhammad Ichsan Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29514 Mon, 27 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Intruction Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran PPKn https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29481 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>team accelerated instruction</em> terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian <em>true eksperiment. </em>Rancangan penelitian yang digunakan <em>Posttest only Control Design. </em>Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 229 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 63,00 dengan kategori “logis” sebesar 63% dan rata-rata kelas control adalah 38,00 dengan kategori “kurang logis” 38%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir logis siswa adalah 0,000 &lt; 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh penerapan model <em>team accelerated instruction</em> terhadap kemampuan berpikir logis siswa.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Kemampuan berpikir logis, <em>Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction</em></p> Nuni Latifah Nuni, Heri Usmanto, Alif Aditya Candra Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29481 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0700 Efektivitas Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilukada Kota Jambi Tahun 2020 https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29767 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya &nbsp;tingkat partisipasi politik masyarakat Kota Jambi pada pemilukada Kota Jambi tahun 2020 hanya mencapai 65,1%&nbsp; tentunya angka partisipasi masyarakat Kota Jambi masih jauh dari target partisipasi nasional yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Jambi sebesar 77,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan sosialisasi pemilukada untuk meningkatkan partisipasi politik masyrakat pada pemilukada kota jambi tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Dalam pelaksanaan sosialisasi pemilukada tahun 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Kota Jambi sudah terlaksana namun kurang efektiv hal tersebut dikarenakan cara penyampaian sosialisasi pendidikan pemilih yang tidak merata terhadap lapisan masyarakat sehingga penangkapan materi dan pemberian diri dalam sosialisasi dan pemahaman pentingnya partisipasi politik menurun. Serta kurang aktifnya media sosial membuat sedikit dari masyarakat yang mengetahui dan mengikuti akun media tersebut. Tim relawan yang terdiri dari 5 segmen yang dihrapkan dapat membantu KPU Kota Jambi dalam memberikan sosialisasi yang merata terhadap masyarakat juga belum bisa merata keseluruh lapisan masyarakat dikarenakan membutuhkan biaya yang besar juga.</p> Ariska Diahningsih Sianipar, Irzal Anderson, Alif Aditya Candra Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29767 Fri, 08 Dec 2023 00:00:00 +0700 Persepsi Mahasiswa Tentang Globalisasi Sebagai Tantangan Untuk Identitas Nasional https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30202 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan mahasiswa UIN Sumatera Utara mengenai dampak globalisasi dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam mempertahankan identitas nasional di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UINSU memiliki pandangan yang beragam mengenai globalisasi, ada yang melihatnya sebagai peluang dan tantangan. Tantangan utama berkaitan dengan pengaruh budaya asing melalui media social dan gaya hidup global, serta dominasi bahasa internasional. Studi ini menyimpulkan bahwa beberapa mahasiswa melihat globalisasi sebagai peluang untuk meningkatkan akses terhadap pengetahuan dan teknologi. Namun, beberapa berpendapat bahwa dampak globalisasi juga terlihat dari perubahan pola konsumsi atau gaya hidup dan budaya yang berkembang yang dapat mempengaruhi identitas mahasiswa. Dan mata kuliah pendidikan kewarganegaraan memberikan kontribusi dalam menjaga dan memperkuat identitas nasional mahasiswa di tengah gempuran globalisasi yang begitu kuat saat ini.</p> Rini Meilani Saragih, Wira Fimansyah Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30202 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29805 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya&nbsp;minat belajar siswa&nbsp;pada mata pelajaran PPKn. Masalah yang terdapat dalam penulisan ini guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&nbsp;&nbsp;media pembelajaran berbasis <em>flipbook maker</em>&nbsp;untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: <em>Analysis</em>, <em>Design</em>, <em>Development</em>, <em>Implementation</em>&nbsp;dan <em>Evaluation</em>. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dari ahli media, materi, bahasa, guru, dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu dari 33 siswa terdapat 30 siswa yang nilainya tuntas dan 3 lainnya tidak tuntas. Hal ini menandakan 91% siswa tuntas dan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis <em>flipbook maker</em>&nbsp;bisa digunakan&nbsp;untuk siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn dengan materi Tata Negara dan Pemerintahan.</p> Yurike Pricillya, Firman, Dona Sariani Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29805 Mon, 18 Dec 2023 00:00:00 +0700 Analisis Gotong Royong Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PPKn(Studi di SMP Negeri 22 Kota Jambi) https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30440 <p>Nilai gotong royong pada profil pelajar Pancasila belum diimplementasikan dengan baik oleh siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa hambatan dalam penerapan nilai gotong royong pada siswa. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis tentang gotong royong dalam profil pelajar Pancasila pada pembelajaran PPKn yang dilakukan studi di SMPN 22 Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn sudah berupaya menerapkan dan menyadari pentingnya nilai nilai gotong royong di sekolah Namun, sedikt kesulitan dalam mengkomunikasikan serta menerapkannya kepada siswa begitu juga respon siswa yang sudah memahami betap penting nya nilai gotong royong hal ini ditunjukkaan mengenai Kerjasama dalam kelompok yang cukup baik walupun perlu dibenahi lagi agar benar. Tapi ada juga terdapat variasi dalam sikap terhadap persahabatan, dengan beberapa responden mengalami kesulitan menjalin hubungan dengan teman yang memiliki minat dan latar belakang berbeda. Beberapa responden menunjukkan sikap terbuka dan toleran, sementara yang lain lebih memilih untuk melibatkan pihak eksternal atau mengandalkan peran kepemimpinan dalam menyelesaikan masalah. Simpulan yang didapatkan pengimplenetasian nilai gotong royong pada profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn belum terlaksana secara optimal.&nbsp;</p> Andrian, Akmal Sutja, Hendra Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30440 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0700 Dampak Game online Terhadap Etika Remaja https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29536 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangnya etika pada remaja yang bermain di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Rantau Pandan, Masyarakat, Remaja yang bermain <em>game online</em>, Orang tua remaja yang bermain <em>game online</em>, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan etika pada remaja yang bermain <em>game online </em>di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo, perubahan tersebut sering berkata-kata kasar, marah dan berbohong ketika tidak diberikan uang untuk membeli kuota internet dan mengabaikan teguran saat sedang bermain <em>game online.</em></p> Suryani, M Salam, Sundari Utami, Muhammad Ichsan Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29536 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas X Fase E. 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30568 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran PPPKn pada hasil belajar siswa. Pembelajaran yang disampaikan secara konvensional cenderung membuat siswa bosan terhadap penyampaian materi yaang diberikan. Akibatnya siswa malas dalam berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung. Terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini tentunya menjadi suatu permasalahan yang apabila tidaak ditinjak lanjutkan. Disisi lain tentunya guru diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa. Sehingga suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa. Sehingga siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran dan pembelajaran tidak membosankan.</p> <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery <em>Learning</em> di kelas X Fase E.3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin.</p> <p>Desain penelitian ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh guru PPKn di dalam kelas. Rencana tindakan dalam setiap siklus penelitian ini dikelompokkan menjadi empat tahap, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E. 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 32 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes dan dokumentasi. Kerikteria keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian yaitu 60%.</p> <p>Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan nilai ujian semester siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX.3 diperoleh 56% atau 17 siswa nilai ujian semester belum mencapai KKM sedangkan 44% atau 15 siswa nilai ujian semester sudah mencapai KKM. Dari hasil observasi tersebut menunjukkan hasil belajar siswa masih rendah. Maka peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran dengan menerapkan model <em>Discovery Learning</em>. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh persentase rata-rata hasil belajar siswa 54% dengan perolahan nilai siswa yang tuntas 25% atau 8 orang siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase hasil belajar siswa 72% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 59% atau 19 orang siswa yang tuntas . Lalu pada siklus III diperoleh persentase hasil belajar siswa 88% dengan perolehan nilai siswa yang tuntas 81% atau 26 siswa yang tuntas.</p> Febi Ariani, Siti Tiara Maulia, M. Salam Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30568 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII AKL Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK N 1 Bayung Lencir https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30321 <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa&nbsp; PKn. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran group study terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI AKL SMKN 1 Bayung Lencir pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif&nbsp; dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design,&nbsp; <em>One Group Pretest-Posttest</em> dipakai sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bayung Lencir. Hasil penelitian ini diperoleh klasifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan yang berarti dengan siswa yang memperoleh kategori sangat kreatif 11 siswa dengan persentase 31%, Kategori kreatif 15 siswa dengan persentase 43%, cukup kreatif sebanyak 8 siswa dengan persentase 23%, kategori kurang kreatif &nbsp;sebanyak 1 siswa dengan persentase 3%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan memakai uji t didapatkan nilai thitung &gt; ttabel (-11, 825 &gt; 2,035) denagn taraf 5% yang artinya model pembelajaran&nbsp; <em>Group Investigation </em>memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan didapatkan nilai sig (2-tailed) pada kemampuan berpikir kreatif siswa adalah &nbsp;0,000 &lt; 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena itulah, bisa disimpulkan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Group Investigation</em> terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.</p> Putri Ayuni Febrianti, Heri Usmanto, Melisa Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/30321 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29971 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Think Talk Write</em> terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 246 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah 78,00 dengan kategori “reflektif” sebesar 78% dan rata-rata kelas control adalah 57,00 dengan kategori “kurang reflektif” 57%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berpikir reflektif siswa adalah 0,000&lt;0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa</p> Rani, M. Salam, Heri Usmanto Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29971 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Media Interaktif Ispring Suite Pada Materi Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Di Kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29965 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang awalnya hanya mencapai persentase 57,89%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan media pembelajaran yang umum saja. Belum menggunkan media interaktif yang menarik dan inovatif sehingga menambah minat belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif ispring suite pada materi harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif pancasila di kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas XI TBSM dengan jumlah 19 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh, nilai dari pretest dan postest semakin meningkat, mencapai 81,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran menggunakan software ispring suite layak dan efektif digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar untuk siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn materi “Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila.</p> <p>&nbsp;</p> Fitri Susiyanti, Akmal Sutja, Heri Usmanto Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29965 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Era Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-hari https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29933 <p>Tantangan di era globalisasi pada kehidupan sehari-hari ini menjadi tantangan di seluruh negara temasuk indonesia. Dengan menmpelajari dasar negara untuk dasar ideologis serta implementasi dalam kehidupan sehari-hari generasi muda dapat mempertahankan identitas kesadaran nasionalisme. Perkembagan era digital ini dapat memberikan dampak positif yang banyak selain dampak positif terdapat dampak negatif yang tidak sedikit pula. Penulis bertujuan untuk peran pancasila pada nilai kehidupan sehari-hari. Penulis menggunakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dengan mengumpulkan studi literatur mengenai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Generasi muda harus siap dalam menghadapi kemajuan teknologi yang tidak bisa di tolak oleh siapapun. Dan sebaiknya generasi muda dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari pancasila dengan baik.</p> Mohamad Rajib Zahid, Muhammad Ichsan, Nurmalia Dewi Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengabdian https://online-journal.unja.ac.id/jppsmy/article/view/29933 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700