Optimalisasi Inovasi dan Packaging Produk Kacang Tanah Sebagai Komoditas Unggulan Lokal di Negeri Tananahu
DOI:
https://doi.org/10.22437/jppm.v3i3.38627Keywords:
kacang tanah, kemasan, noga, pertanianAbstract
Negeri Tananhu yang terletak di Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah, merupakan desa adat dengan postensi sumber daya alam yang melimpah terutama di sektor pertanian dan Perkebunan. Dengan kacang tanah sebagai komoditas utama, Desa ini berusaha meningkatkan kesejahteraan Masyarakat melalui pengembangan produk unggulan, yaitu noga. Noga adalah produk turunan unggulan dari Negeri Tananahu dan telah menjadi salah satu sumber ekonomi bagi desa. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk menciptakan inovasi dalam packaging dan branding noga agar lebih menarik bagi konsumen. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dan pendampingan kepada Masyarakat lokal dalam pembuatan produk, desain packaging, dan pemasaran. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa packaging baru dan logo yang menarik berhasil meningkatkan nilai jual noga dari Rp.1.000 menjadi Rp 25.000 perkemasan, serta mendorong penjualan hingga 10 kemasan perhari. Program ini tidak hanya meningkatkan pendapatan Masyarakat, tetapi juga memberdayakan mereka untuk lebih kreatif dan inovatif, mendukung tujuan Pembangunan desa yang mandiri dan berdaya saing.
Downloads
References
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Branding pada UMKM. Jesya, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Ajy, muhammad D. K., & Purnama, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing IKEA. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1).
Arisha, B., & Miftahuljannah. (2023). Pengaruh Biaya Operasional dan Laba Bersih terhadap Petani Pinang di Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30).
Bachrein, S. (2016). Pendekatan Desa Membangun di Jawa Barat: Strategi dan Kebijakan Pembangunan Perdesaan. Analisis Kebijakan Pertanian, 8(2). https://doi.org/10.21082/akp.v8n2.2010.133-149
Bob Foster, Fitriani Reyta, Muhamad Deni Johansyah, Bernadetha Nadeak, & Elfrida Sormin. (2021). Peranan Desain Kemasan dan Branding dalam Peningkatan Citra Merek Produk Usaha Unggulan Bandung Selatan. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 3(1). https://doi.org/10.33541/cs.v3i1.2898
Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Makassar. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2).
Efan, Vistany Fillayata, M. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). Industrial Research Workshop and National Seminar, 7–8.
Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peranan dan Fungsi Kemasan Produk dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Empowerment Society, 2(2). https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459
Fajrina, F. N., & Yamit, Z. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Maybelline di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02).
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Hasna, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja UMKM. Journal Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 17(1).
Irawan, A., Lailin, A., Aisya, K., Subiyanto, Y. A., Amilliya, Y. D., & Sidyawati, L. (2021). Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM melalui Packaging Berbasis Kearifan Lokal dengan Motif Ragam Hias Barongan di Kediri. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(10). https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1466-1478
Izzah Nur Masyithoh, & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Jannah, M., Mutia, A., & Arisha, B. (2023). Analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats di Rumah Makan Sutan Mudo Sakato (SMS) Desa Sebapo, Mestong Jambi Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 2(3). https://doi.org/10.51903/jimeb.v2i3.680
Junivia, J., & Marwan, R. H. (2024). Redesign Logo Brand dan Kemasan Dodol Garut Picnic Makanan Khas Garut. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1).
Kurnianti, A., Azizah, L. M., & Mufidah, I. (2022). Branding Umkm dan Pembuatan Media Promosi Usaha Kuliner. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.44.604
Lifiani, R., Sutresna, I. W., & Hemon, A. F. (2022). Karakter Morfologi Beberapa Galur Kacang Tanah F4 (Arachis hypogaea L.) terhadap Cekaman Naungan. AGROTEKSOS, 31(1). https://doi.org/10.29303/agroteksos.v31i1.655
Na’imah, & Rahmadhani. (2022). Pengaruh Besar Desain Produk Terhadap Minat Konsumen Pecinta Teh Poci. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 1(1).
Nur Arifah, M., & Kusumastuti, N. (2019). Strategi Mempercepat Pembangunan Desa Mandiri: Studi di Desa Kemadang Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 2(1). https://doi.org/10.14421/jpm.2018.021-09
Nuri Aliyani, & Ade Yunita Mafruhat. (2022). Strategi Percepatan Pembangunan Desa Berkembang: Upaya Menuju Desa Mandiri yang Berkelanjutan. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.29313/jrieb.v1i2.514
Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.915
Sahri, R. J., Hidayah, N., Fadhillah, N., Fuadi, A., Abidin, I., Hannifa, W., & Wulandari, S. (2022). Tanaman Pangan Sebagai Sumber Pendapatan Petani Di Kabupaten Karo. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10).
Salsyabila, S. R., Pradipta, A. R., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada marketplace shopee. In Jurnal Manajemen.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen pada Smartphone: Harga dan Promosi. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Siswanto, Saputro, A., Anif, M., & Prasetyo, B. H. (2022). Desain Branding Kemasan Produk UMKM Yang Menarik dan Ekonomis. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK).
Suma, E., Yusuf, S. A., & Umar, J. (2023). Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 13(2). https://doi.org/10.35797/jab.13.2.111-115
Zulfikhar, R., Akbarrizki, M., Wijaya, F. M. P., & Nurdayati. (2020). Pengaruh Desain Kemasan Produk Kopi Dellimas Arabica Coffee Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 17(32).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Liyanty Laihasni Rohman, Dwi Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.