PENDAMPINGAN BELAJAR CALISTUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK-ANAK DI DESA DUSUN MUDO

Authors

  • Muhammad Farhan Universitas Jambi
  • Lusi Handayani
  • Nurul Adila Universitas Jambi
  • Rio Purnama Putra Universitas Jambi
  • Dimas Candra Kurniawan Universitas Jambi
  • Dico Albazar Hakiki Universitas Jambi
  • Arya Pradana Universitas Jambi

Keywords:

Literasi, Calistung, Pembelajaran

Abstract

Pendampingan belajar siswa untuk meningkatkan keterampilan calistung merupakan kegiatan pengabdian kepada anak-anak yang dilaksanakan di Posko 6 Desa Dusun Mudo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan calistung siswa di kawasan Dusun Mudo melalui pendampingan belajar yg dilakukan oleh mahasiswa sebagai fasilitator. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendidikan anak-anak melalui penyuluhan dan pelatihan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk mengembangkan keterampilan tertentu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa meningkat, serta antusiasme peserta dalam kegiatan pendampingan belajar. Pendampingan belajar dapat meningkatkan kemampuan calistung. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan belajar dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa di Desa Dusun Mudo. Hasil kegiatan ini juga dapat dijadikan acuan untuk pengabdian selanjutnya mengenai pendampingan pembelajaran dan peningkatan keterampilan calistung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30