Penyuluhan Pencegahan Diare Kepada Siswa Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar.

Authors

  • Niken Ristiana Universitas Jambi
  • Nur Cahaya kusuma

Keywords:

Diare, anak-anak, siswa, sekolah

Abstract

Diare merupakan penyakit yang apabila tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit secara mendadak, sehingga dapat terjadi berbagai macam komplikasi diantaranya dehidrasi, renjatan hipovolemik, kerusakan organ bahkan sampai koma. Ancaman paling parah yang ditimbulkan oleh diare adalah dehidrasi hingga berujung kematian, oleh karena itu kejadian diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang kejadiannya perlu ditekan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Groups Pretest-Posttest Designâ€, yaitu jenis penelitian bersifat pra-experimental design dengan pretest dan post test, dimana observasi dilakukan sebanyak 2 (dua) kali yang dilakukan pada saat sebelum dan setelah dilakukan pelaksanaan. Dengan demikian, hasil yang didapat dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Dimana  Siswa yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah perwakilan siswa dari kelas 4 dan kelas 5 dengan total berjumlah 35 siswa.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan siswa terhadap pencegahan diare sebagai upaya preventif pada kelompok anak Sekolah Dasar terhadap resiko terkena diare. Dengan nilai rata-rata pre test 45.71 dan ratarata post test 64. Pemberian penyuluhan tentang pencegahan diare pada siswa/siswi kelas 4 dan 5 SDN No. 205/IV Kecamatan Alam Barajo Jambi mempunyai pengaruh terhadap pengetahuan siswa/siswi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-21

How to Cite

Ristiana, N. and Cahaya kusuma, N. (2023) “Penyuluhan Pencegahan Diare Kepada Siswa Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar.”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Jurusan Keperawatan, 1(1). Available at: https://online-journal.unja.ac.id/jpmjk/article/view/26491 (Accessed: 22July2024).

Issue

Section

Articles