HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN PERILAKU INOVATIF PEMILIK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA JAMBI CORRELATION BETWEEN PSYCHOLOGICAL CAPITAL AND INNOVATIVE BEHAVIOR OF MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) CULINARY ENTERPRISES IN JAMBI CITY

Main Article Content

Vara Fadhilla Saputri
Nofrans Eka Saputra
Rion Nofrianda

Abstract

ABSTRACT


Introduction As a rapidly growing and highly competitive industry, culinary entrepreneurs must be capable of innovating to maintain the existence and competitiveness of their businesses. However, in reality, the innovative behavior of small entrepreneurs is still limited and rarely practiced. Psychological capital is believed to be one of the factors that can stimulate innovative behavior among entrepreneurs.


Objective To see the relationship between psychological capital and the innovative behavior of culinary MSME owners in Jambi City.


Method This research used a correlational quantitative approach. The population of this research is culinary MSME owners in Jambi City. Sampling used cluster sampling technique with a sample of 342 people. Data analysis used Pearson Product Moment.


Result It was found that there was a significant positive correlation between psychological capital and innovative behavior of culinary MSME owners in Jambi City with an r of 0.259 p-values <0.001. Researchers also found a significant positive correlation between self efficacy, optimism, hope, and resilience with innovative behavior of culinary MSME owners in Jambi City.


Conclusion There is a significant positive relationship between psychological capital and innovative behavior among MSME culinary owners in Jambi City where psychological capital also makes an effective contribution to innovative behavior by 10%.


Keyword: Psychological Capital, Innovative Behavior, Entrepreneurship, MSME, Culinary MSME


ABSTRAK


Pendahuluan Sebagai industri yang berkembang pesat dan paling diminati membuat wirausaha bidang kuliner harus mampu memunculkan inovasi dalam mempertahankan eksistensi dan daya saing usahanya. Namun kenyataannya, perilaku inovatif pengusaha kecil masih terbatas dan jarang dilakukan. Modal psikologis dipercaya sebagai salah satu faktor yang mampu memunculkan perilaku inovatif wirausaha.


Tujuan Untuk melihat hubungan modal psikologis dengan perilaku inovatif pemilik UMKM kuliner di Kota Jambi.


Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini ialah pemilik UMKM kuliner di Kota Jambi. Pengambilan sampling menggunakan teknik kluster acak dengan sampel sebanyak 342 orang. Analisis data menggunakan Pearson’s Product Moment.


Hasil Ditemukan adanya hubungan positif signifikan antara modal psikologis dengan perilaku inovatif pemilik UMKM kuliner di Kota Jambi dengan r sebesar 0,259 p value <0.001. Ditemukan hubungan positif signifikan antara aspek efikasi diri, optimis, harapan, dan resiliensi dengan perilaku inovatif pemilik UMKM kuliner di Kota Jambi.


Kesimpulan Terdapat hubungan positif signifikan antara modal psikologis dengan perilaku inovatif pada pemilik UMM kuliner di Kota Jambi di mana modal psikologis juga memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku inovatif sebesar 10%.


Kata Kunci: Modal Psikologis, Perilaku Inovatif, Wirausaha, UMKM, UMKM Kuliner.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputri, V. F. ., Saputra, N. E., & Nofrianda, R. . (2023). HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DENGAN PERILAKU INOVATIF PEMILIK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA JAMBI: CORRELATION BETWEEN PSYCHOLOGICAL CAPITAL AND INNOVATIVE BEHAVIOR OF MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) CULINARY ENTERPRISES IN JAMBI CITY. Jurnal Psikologi Jambi, 8(02), 11-23. https://doi.org/10.22437/jpj.v8i02.29901
Section
Articles

References

Abbas, M., & Raja, U. (2015). Impact of psychological capital on innovative performance and job stress. Canadian Journal of Administrative Sciences, 1-11. doi:10.1002/CJAS.1314

Alrisma, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Modal Psikologi Terhadap Keterikatan Kerja Pada Karyawan PT Akur Pratama Cabang Griya Antapani Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia). Amin, S., Widiastuti, F., Fitriaty, F., & Khalid, I. (2020). Membangkitkan Perilaku Inovatif Pedagang Kuliner Kaki Lima Kawasan Thehok Kota Madya Jambi. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 11-17.

Amir, M. T. (2015). Validation of innovative behavior as a multidimensional construct. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 14, No. 1, 66-80. doi:http://dx.doi.org/10.12695/jmt.2015.14.1.5 Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25. Ashariyadi (2016, Juni). Mewujudkan UMKM Berdaya Saing di Era MEA. Masyarakat ASEAN: Geliat UMKM di Era MEA, 31(12), 4-5. Ayodya, W. (2016). Business Plan Usaha Kuliner Skala UMKM. Elex Media Komputindo.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistika. (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022. Diakses pada Desember 3, 2022, dari https://www.bps.go.id/

Badan Ekonomi Kreatif. (2021). Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2021.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.

De Jong, J. P., & Den Hartog, D. N. (2008). Innovative work behavior: Measurement and validation. EIM Business and Policy Research, 8(1), 1-27.

De Jong, J. & Hartog, D. (2010). Measuring Innovative Work Behaviour. Creativity and Innovation Management, 19(1), 23-36.doi:10.1111/j.14678691.2010.00547.x

Damirch, Q. V., Rahimi, G., & Seyyedi, M. H. (2012). Transformational Leadership Style and Innovative Behavior on Transformational Leadership Style and Innovative. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 1(4), 119-127.

Dewi, R. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Enterpreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UKM terhadap perkembangan Usaha Pedagang di Pasar Tradisional. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 29 – 40.

Databooks Katadata.id. (2021). IMF Proyeksikan Pengangguran Indonesia Menurun, Namun Tetap Tinggi di ASEAN. Diakses pada 22 Januari 2023 dari:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/13/ imf-proyeksikan-pengangguran indonesia-menurun-namun-tetap-tinggi-di-asean Efendi, M., & Yudhati, M. (2017). Pengaruh Ekspektasi Laba terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2013 STIE MBI Jakarta). Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 7(2), 42-64.

Etikariena, A. (2018). Perbedaan Perilaku Kerja Inovatif Berdasarkan Karakteristik Individu Karyawan. Jurnal Psikologi 17(2), 107-118

Gani, U. A., Salasi, R., Bambang, R. M., & Umam, K. (2018). Analisis Diskriminan untuk Mengelompokkan Negara Maju dan Negara Berkembang dengan Metode Fishers. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 1(1), 01-12.

Hammond, M. M., Neff, N. L., Farr, J. L., Schwall, A. R., & Zhao, X. (2011). Predictors of individual-level innovation at work: A meta-analysis. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 5(1), 90–105. doi:10.1037/a0018556

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., & Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.

Hsu, M. L. A., & Chen, F. H. (2015). The Cross-Level Mediating Effect of Psychological Capital on the Organizational Innovation Climate – Employee Innovative Behavior Relationship. Publication of The Creative Education Foundation, 1–16. doi:10.1002/jocb.90

Indonesia. Undang-undang (UU) tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Lembar Negara RI Tahun 2008 No.20, Tambahan Lembaran RI Nomor 4866. Sekretariat Negara. Jakarta.

Janssen, O. (2000). Job demands, Perceptions of Effort- Reward Fairness and Innovative Work Behaviour. Jurnal of Occupational and Organizational Psychology, 73, 287–302.

Julianti, A., Konradus, N., & Susianti, D. (2023). Perilaku Kerja Inovatif: Studi Kontribusi Psychological Capital Pada Wirausaha. Media Bina Ilmiah, 17(7), 1337-1346. Kementerian Keuangan RI. (2022). Ini Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian. Diakses pada 5 Desember, 2022 dari https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/ Ini Upaya-Pemerintah-Jaga-Peran-UMKM

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Diakses pada 5 Desember, 2022 dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/ perkembangan-umkm-sebagai critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Kementerian Koperasi dan UKM. (2022). Kejar Target Rasio Kewirausahaan, KemenKopUKM Kick Off Program Patenpreneur 2022. Diakses pada 23 Desember, 2022 dari https:// kemenkopukm.go.id/ read/kejar-target- rasio kewirausahaan-kemenkopukm- kick- off- program-patenpreneur-2022

Kusumaningrum, D. A. (2019). Modal Psikologis dan Perilaku Inovatif pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2007). Psychological capital: Developing the Human Competitive Edge. USA: In Oxford University Press.

Luthan, Fred & Carolyn M. Youssef-Morgan. (2017). “Psychological Capital: An Evidence-Based Positive Approach.†Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior. Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Darmawan, D., & Halizah, S. N. (2021). Hubungan Perilaku Produktif dan Minat Mahasiswa Berwirausaha. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 1(2), 121-130. Messmann, G., & Mulder, R. H. (2013). Development of a measurement instrument for innovative work behaviour as a dynamic and context-bound construct. Human Resource Development International, 15(1), 43-59.

Messmann, G., & Mulder, R. H. (2020). A short measure of innovative work behaviour as a dynamic, context-bound construct. International Journal of Manpower.

Mochammad, A., & Puspitadewi, N. W. S. (2021). Hubungan antara modal psikologis dengan produktivitas kerja pada pengusaha UMKM kerajinan kulit dan koper di kecamatan tanggulangin sidoarjo. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(01), 70-83.

Nathaniel, J. (2022, September). Decision Making Strategy Towards Endemic. In Prosiding National Seminar on Accounting UKMC (Vol. 1, No. 1). Nurchayati, N. (2020). Membangun Kinerja Perusahaan Melalui Peningkatan Perilaku Inovatif dan Motivasi Berbagi Pengetahuan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 341-355.

Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65-74. OECD. (2020). SME Policies Responses. Diakses pada 05 Januari 2022 dari https: //read.oecdilibrary.org/view/?ref=119_119680di6h3qgi4x&title=Covid19_SME_Policy_Responses

Pamungkas, D. P. (2016). Analisis competitive force dan competitive strategy sistem informasi kuliner di Indonesia (Studi Kasus: Kulina. id). Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education(ELINVO), 1(2), 118-127.

Periantalo, J. (2015). Validitas Alat Ukur Psikologi: Aplikasi Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Portal Informasi Indonesia Indonesia.go.id (2022). Wirausahawan Mapan, Ekonomi Nasional Kuat. Diakses pada 22 Januari 2023 dari https://indonesia.go.id/kategori/perdagangan/ 4994/ wirausahawan-mapan- ekonomi- nasional- kuat? Lang = 1 Pramono, T., Asbari, M., Supriatna, H.,

Nugroho, Y. A., & Novitasari, D. (2021). Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital: Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 312-328.

Rachmatsari, P. (2017). Kajian Kreativitas Dan Inovasi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing UKM (Studi Kasus Pada Wanita Pengusaha UKM Di Bidang Kuliner Di Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Unpas).

Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.

Rahmi, V. A., & Hapsari, I. P. (2021). Resiliensi dan Adaptasi pengusaha wanita di era new normal. Community Empowerment, 6(7), 1139-1148.

Rulevy, D.F. & Parahyanti, E.(2016). Hubungan Psychological Capital Dan Perilaku Kerja Inovatif Di Industri Kreatif: Studi Pada Karyawan Perusahaan Xyz. Jurnal Psikogenesis, 4(1).

Rusdiana, A. (2018). Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia

Saeed, S., Yousafzai, S. Y., & Engelen, A (2014). On Cultural and Macroeconomic Contingencies of the Entrepreneurial Orientation-Performance Relationship. Entrepreneurship Theory and Practice, 38(2), 255-290.

Sameer, Y.M. (2018). Innovative behavior and psychological capital: Does positivity make any difference?. Journal of Economics and Management, Vol. 32, No.2, 75-101.

Sancoko, A. H. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. Agora, 3(1), 185-194.

Sari, A. P., & Hayadi, I. (2022). Efikasi Diri Kreatif Memediasi Intelegensi terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada UMKM di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(2), 166-179.

Sari, N. (2018). Pengembangan ekonomi kreatif bidang kuliner khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51-60.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https:// doi.org/10.31842/ jurnal-inobis. v2i1. 65.

Setyandari, A., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2020, June). Adaptation of Academic Psychological capital Questionnaire in Bahasa Indonesia. In International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019) (pp. 261-264). Atlantis Press.

Simangunsong, R. (2022). Pengaruh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Wadah Ilmiah Penelitian Pengabdian Untuk Nommensen, 1(1), 78-84

Snyder, C. R. (1994). The psychology of hope. New York: The Free Press Sisca, S., Simarmata, H. M. P., Grace, E., Purba, B., Dewi, I. K., Silalahi, M., & Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Sulasari, A. (2016). Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Mahasiswa di Politeknik Negeri Malang. Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM), 23(1), 16-28.

Sulistiyani, E., & Azizah. (2017). Beberapa determinan perilaku kerja inovatif pada karyawan industri batik skala ekspor Surakarta. Prosiding Sentrinov, 3, 308–319.

Sundari, S., & Sulistyowarni, I. (2022). Strategi Pengembangan Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 7(1), 57-68.

Utami, H. N., Sandra, S., & Ruhana, I.(2019). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Triple Helix untuk Pengembangan Kompetensi Wirausaha Masyarakat Desa Mandiri Energi. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(3), 294-302.

Wahyudiono, W., Maria, W., & Aminatuzzurho, A. (2019). Manajemen UMKM: Pengembangan Usaha Sektor UMKM Berbasis Keunggulan Kompetitive Berkelanjutan.

Winarso, W. (2019). Bisnis kreatif dan inovasi. Yayasan Barcode