DIBALIK KLIK: MEMAHAMI MOTIF KONSUMTIF GENERASI Z DI ERA BELANJA ONLINE DAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS YANG TIDAK TERPENUHI BEHIND THE CLICK: UNDERSTANDING GENERATION Z'S CONSUMPTIVE MOTIVES IN THE ERA OF ONLINE SHOPPING AND UNMET PSYCHOLOGICAL NEEDS

Main Article Content

Leni Siva Marlisa Putri
Shanty Komalasari

Abstract

ABSRACT


Introduction Rapid advancements in technology and the internet in Indonesia have significantly changed the business landscape, especially in the context of online shopping. Generation Z often chooses to shop online because it is considered a more practical and faster option in obtaining products. Consumptive behavior refers to actions that are no longer influenced by rational considerations, but rather driven by desires that exceed the limits of reasonable consideration. Related to consumptive behavior in Generation Z's online shopping, this can also produce negative impacts, such as buying goods without careful consideration beforehand and without a basis in actual needs.


Method This study applies a qualitative method with a phenomenological approach. The data collection process was conducted through in-depth semi-structured interviews. For the selection of participants, a purposive sampling method was used with the criteria that participants were individuals born between 1995 and 2010 and had a tendency to shop online.


Results Consumptive behavior motives involve elements of wastefulness, impulse buying, and buying without consideration. Consumptive behavior is also influenced by internal and external factors. Generation Z tends to choose online shopping because it is more practical, saves time and energy, and offers a variety of products at more affordable prices.


Conclusion The two participants have described the motives and characteristics of individuals who behave consumptively. Unmet psychological needs have a relationship with the motives for consumptive behavior in gen Z.


Keywords: Motives of Consumptive Behavior, Gen Z, Psychological Needs


ABSTRAK


Pendahuluan Kemajuan pesat dalam teknologi dan internet di Indonesia telah secara signifikan mengubah lanskap bisnis, terutama dalam konteks belanja online. Generasi Z seringkali memilih untuk berbelanja secara daring karena dianggap sebagai opsi yang lebih praktis dan cepat dalam mendapatkan produk. Perilaku konsumtif merujuk pada tindakan yang tidak lagi dipengaruhi oleh pertimbangan yang rasional, melainkan lebih didorong oleh keinginan yang melebihi batas pertimbangan yang masuk akal. Terkait perilaku konsumtif dalam belanja online generasi Z, ini juga bisa menghasilkan dampak negatif, seperti membeli barang tanpa pertimbangan matang sebelumnya dan tanpa dasar pada kebutuhan yang sebenarnya.


Metode Studi ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur yang mendalam. Untuk pemilihan peserta, digunakan metode purposive sampling dengan kriteria peserta yang merupakan individu kelahiran antara tahun 1995 hingga 2010 dan memiliki kecenderungan untuk berbelanja secara online.


Hasil Motif perilaku konsumtif melibatkan unsur pemborosan, pembelian impulsif, dan pembelian tanpa pertimbangan. Perilaku konsumtif juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Generasi Z cenderung memilih berbelanja online karena lebih praktis, menghemat waktu dan energi, serta menawarkan beragam produk dengan harga lebih terjangkau.


Kesimpulan Dari kedua partisipan telah menggambarkan motif dan ciri-ciri individu yang berperilaku konsumtif. Kebutuhan psikologis yang tidak terpenuhi memiliki keterkaitan dengan motif perilaku konsumtif pada gen Z.


Kata Kunci: Motif Perilaku Konsumtif, Gen Z, Kebutuhan Psikologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, L. S. M., & Komalasari, S. . (2023). DIBALIK KLIK: MEMAHAMI MOTIF KONSUMTIF GENERASI Z DI ERA BELANJA ONLINE DAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS YANG TIDAK TERPENUHI: BEHIND THE CLICK: UNDERSTANDING GENERATION Z’S CONSUMPTIVE MOTIVES IN THE ERA OF ONLINE SHOPPING AND UNMET PSYCHOLOGICAL NEEDS. Jurnal Psikologi Jambi, 8(02), 1-10. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/29900
Section
Articles

References

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Edisi Keempat (Cetakan Kesatu)). Pustaka pelajar.

Engel, dkk (Penerjemah: Budijanto). (1994). Consumer behavior (Terjemahan) (6th ed.). Binarupa Aksara.

Fauzia dan Nurdin, A. N. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif. Prosiding Manajemen, Volume 5 Nomor 1.

Feist, penerjemah: Handriatno, G. J. (2010). Theories of personality (Terjemahan). Salemba Humanika. Fitri, dkk, W. (2022). Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Pengguna Shopee di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Qalb, Volume 13, No 2,.

Fitria, dkk, E. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Shopeepay Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Universitas Labuhanbatu. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, Vol 3, No 2.

Fungky, dkk, T. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). IERJ Islamic Economics Review Journal, Vol. 1 No. 01.

GiorgI, A. (2012). The Descriptive Phenomenological Method in Psychology. Journal of Phenomenological Psychology, Vol. 43, No. 1.

Jauharotul dan Amalia, R. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Daya Beli Konsumen Terhadap Belanja Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 4 No. 1. Komalasari, dkk, S. (2022). Prinsip Character of A Leader pada Generasi Z. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, Volum 6, No. 1.

Komalasari, S. (2022). Observasi dan Wawancara Psikologi: Vol. Cet. I. Antasari Press.

Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 13, No. 4.

Kusnawan, dkk, A. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains manajemen: jurnal manajemen unsera, vol. 5 no. 2.

Lucas, dkk, G. A. (2023). From e-commerce to m-commerce: An analysis of the user’s experience with different access platforms. Electronic Commerce Research and Applications, Vol. 58, No. 1.

Minanda, dkk, A. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal, Vol. 3, No. 2.

Mustajibah dan Trilaksana, T. (2021). Dinamika E-commerce Di Indonesia Tahun 1999-2015. AVATARA, Vol 10 No 3.

Nurdiana, dkk, N. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Sebagai Dampak Perkembangan E-commerce. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol. 11 No. 2.

Priyono, dkk, S. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ditinjau Dari Literasi Ekonomi Keluarga Dan Pengelolaan Uang Saku (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stkip Nurul Huda. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, Volume 6, No. 2,. Purnomosidi, dkk, F. (2022). Perilaku Konsumtif Anak Kos Pada Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta. Jurnal Talenta Psikologi, Volume 2, Nomor XI.

Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14(2).

Rook dan Gardner, D. W. (1993). In the mood: Impulse buying’s affective antecedents. Research in Consumer Behavior, 6(7).

Siahaan dan Lidwina, C. (2021). Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia (Studi pada Penggunaan E-commerce di Akun Media Sosial). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 6 No. 1.

Siregar dan Nasution, L. Y. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Vol. 2 No. 1.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Alfabeta. Sutarno, dkk, R. A. (2022). Perilaku Konsumtif Generasi Z Terhadap Keputusan Pembelian Produk Silverqueen Di Kota Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Sains, Vol. 7, No. 1.

Syifa, F. N. (2021). Impulsive Buying Pada Mahasiswa Pengguna Instagram. Academic Journal of Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1.

Tewu, dkk, I. T. (2022). The Influence Of E-Wallet For Payment Transaction On Impulsive Buying Behavior In Manado. Jurnal EMBA, Vol. 10 No. 3.

Triyaningsih, S. . (2011). Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat. JURNAL EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL. 11 NO. 2 (2011):

Yingwei, G. S. dan W. (2019). Consumers’ Impulsive Buying Behaviour of Tourism and Travel Products in E-commerce. Francis Academic Press.