PENGARUH PPKM TERHADAP INTERAKSI ANTAR INDIVIDU MAHASISWA UHAMKA DI KAMPUS THE EFFECT OF PPKM ON INDIVIDUAL INTERACTIONS BETWEEN UHAMKA STUDENTS AT CAMPUS

Main Article Content

Muhammad Haafizh Ramadhan

Abstract

Introduction Interactions that occur repeatedly during PPKM for more than one year make all student activities during lectures carried out through online media. when PPKM ends and everything returns to normal, students must be able to adapt again to the new interaction environment. This phenomenon is the focus of research.


Method This research using a descriptive quantitative method with three data sources. The first data uses Google forms which are distributed through Whatsapp (WA) groups. The second data is interviews. Data collection was done by interviewing several selected respondents to clarify the situation they were experiencing. As for the third data, the researcher conducted participatory observations. Observations like this allow researchers to be involved with the activities of selected respondents observed in the UHAMKA campus environment.


Result Male respondents experienced more frequent interactions but also felt that there was no difference. Female respondents also experienced increased interaction with their friends. Male respondents interact more frequently on an ongoing basis. As for women, they often interact more deeply.


Conclusion The interaction that was carried out after PPKM had an impact on improving the feelings of the students because they could return to normal interacting face to face. The PPKM that occurred has made students experience virtual socialization, but mentally they are not so good because of some limitations when interacting virtually. It turns out that the best interaction is to meet face to face.


Keywords : PPKM, Interaksi, daring, tatap muka


Abstrak


Pendahuluan Interaksi yang terjadi secara berulang saat PPKM selama lebih dari satu tahun membuat seluruh aktivitas mahasiswa selama perkuliahan dilakukan melalui media daring, saat PPKM berakhir dan semuanya kembali normal, mahasiswa harus mampu beradaptasi kembali dengan lingkungan interaksi yang baru. Fenomena inilah yang menjadi fokus penelitian ini.


Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sumber data berasal dari tiga data. Data pertama menggunakan google formulir yang disebarkan melalui grup Whatsapp. Data kedua yaitu wawancara. Pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai beberapa responden terpilih untuk memperjelas situasi yang dialaminya. Sedangkan untuk data ketiga, peneliti melakukan observasi secara partisipatif. Observasi seperti ini memungkinkan peneliti untuk terlibat dengan aktivitas responden terpilih yang diamati di lingkungan kampus UHAMKA.


Hasil Responden laki-laki mengalami interaksi yang lebih sering tetapi juga dirasakan bahwa tidak ada perbedaan. Untuk respoden perempuan juga mengalami interaksi yang meningkat bersama teman-temannya. Responden laki-laki lebih sering berinteraksi secara terus-menerus. Sedangkan untuk perempuan lebih sering berinteraksi secara mendalam.


Kesimpulan Interaksi yang dilakukan setelah PPKM berdampak pada membaiknya perasaan para mahasiswa karena bisa kembali normal berinteraksi secara tatap muka. PPKM yang terjadi sudah membuat para mahasiswa memiliki pengalaman yang baru secara virtual, tetapi secara mentalnya kurang begitu baik karena beberapa keterbatasan saat berinteraksi secara virtual. Ternyata interaksi yang paling bagus ialah bertemu langsung secara tatap muka.


Kata Kunci : PPKM, Interaksi, daring, tatap muka

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhan, M. H. (2022). PENGARUH PPKM TERHADAP INTERAKSI ANTAR INDIVIDU MAHASISWA UHAMKA DI KAMPUS: THE EFFECT OF PPKM ON INDIVIDUAL INTERACTIONS BETWEEN UHAMKA STUDENTS AT CAMPUS. Jurnal Psikologi Jambi, 7(1), 38- 45. https://doi.org/10.22437/jpj.v7i1.20136
Section
Articles

References

Aseo, Syamsul M Romli. (2012). Jurnalistik Online.: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hornby, AS. (1987). Oxford Advanced Learner‟s Dictionary of Current English Revised and Update.

New York: Oxford University Press.

Kartono, Kartini. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Ridwan., R., Prawitasari, S., dan Prawirodihardjo, L. (2016). Interaksi Sosial Dalam Kejadian Abortus Provokatus Kriminalis di Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Kesehatan Reproduksi, Vol 3, No 3, Desember 2016

Soekanto, Soejono. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar.

Turaeni, N.N.T. (2017). Interaksi Sosial Perempuan dan Laki-laki dalam Cerpen Para Pedansa Karya M. Shoim Anwar: Kajian Sosiologi Sastra. Genta Bahtera. Volume 3, Nomor 1, Juni 201