UJI VALIDITAS MODUL PROGRAM TANGKAL HOAKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DIGITAL NATIVE DALAM MENENTUKAN BERITA HOAKS VALIDITY TEST OF PROGRAM TANGKAL HOAX MODULE TO IMPROVE DIGITAL NATIVE DECISION-MAKING SKILLS IN DETERMINING HOAX NEWS

Main Article Content

Intan Yulia Rainaz
Nofrans Eka Saputra

Abstract

Background The massive spread of hoaxes in the digital era has had a negative impact, especially on groups digital native as the largest internet users. Although digital native is associated as a group that has the ability to use technology and the internet, in receiving information, this group's decision-making ability to distinguish true information from hoax is still far from perfect. So that we need a program to overcome these problems.


Method This study aims to test the content validity of the program tangkal hoax module on digital native decision-making skills in determining hoax news. The type of research used is module validation research using four validators selected based o ntechnique purposive to test the suitability of the module content with the objectives to be achieved. The method of data analysis used descriptive analysis using Aikens'V.


Results This study shows that the results of the validation of the module content assessed by the validator have a V score in the range 0.75-0.88. The results of the validation of the measuring instruments that were assessed by the validator had a range of V score moving from 0.56 to 0.88. Based on the results of the validity test of the hoax deterrence program, which was assessed by the validator, it was included in the valid criteria with several suggestions for improvement.


Conclusion Based on the results of the module content validity test, it can be concluded that the program tangkal hoax module is at a good validity level.


Keywords: Module Validity, Decision Making Skills, Program Tangkal Hoax, Digital Native


ABSTRAK


Latar Belakang Masifnya penyebaran hoaks di era digital mendatangkan dampak negatif terutama pada kelompok digital native sebagai pengguna internet terbanyak. Meskipun digital native diasosiasikan sebagai kelompok yang memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi dan internet, namun dalam menerima suatu informasi, kemampuan pengambilan keputusan kelompok ini untuk membedakan informasi yang benar dan hoaks masih jauh dari sempurna. Sehingga diperlukan sebuah program untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Metode Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas modul program tangkal hoaks terhadap keterampilan pengambilan keputusan digital native dalam menentukan berita hoaks. Jenis penelitian yang digunakan yaitu riset validasi modul dengan menggunakan empat orang validator yang dipilih berdasarkan teknik purposive untuk menguji kesesuaian isi modul dengan tujuan yang hendak dicapai. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan Aikens’V.


Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul yang dinilai oleh validator yaitu memiliki angka Skor V dengan rentang 0,75-0,88. Hasil validasi alat ukur yang dinilai oleh validator memiliki rentang angka Skor V bergerak dari 0,56-0,88. Berdasarkan hasil uji validitas modul program tangkal hoaks yang dinilai oleh validator termasuk dalam kriteria valid dengan beberapa saran perbaikan.


Kesimpulan Berdasarkan hasil uji validitas isi modul, dapat disimpulkan bahwa modul program tangkal hoaks berada pada tingkat validitas yang baik.


Kata Kunci: Validitas Modul, Keterampilan Pengambilan Keputusan, Program Tangkal Hoaks, Digital Native


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rainaz, I. Y. ., & Saputra, N. E. . (2021). UJI VALIDITAS MODUL PROGRAM TANGKAL HOAKS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DIGITAL NATIVE DALAM MENENTUKAN BERITA HOAKS: VALIDITY TEST OF PROGRAM TANGKAL HOAX MODULE TO IMPROVE DIGITAL NATIVE DECISION-MAKING SKILLS IN DETERMINING HOAX NEWS. Jurnal Psikologi Jambi, 6(1), 33-45. https://doi.org/10.22437/jpj.v6i01.15128
Section
Articles

References

APJII. (2019). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet di Indonesia.

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Belajar.

Bakri, S., Zulhazmi, A. Z., & Laksono, K. (2019). Menanggulangi Hoaks dan Ujaran Kebencian Bermuatan Isu Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan di Tahun Politik. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(2), 199–234.

Colakkadioglu, O., & Celik, D. B. (2016). Karar verme beceri eğitimi programının karar vermede özsaygı ve karar verme stillerine etkisi. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 2016(65), 259–276. https://doi.org/10.14689/ejer.2016.65.15

Erdelyi, K. M. (2020). The Psychological Impact of Information Warfare & Fake News. https://www.psycom.net/iwar.1.html.

Greenwood, S., Perrin, A., & Duggan, M. (2016). Social Media Update 2016. https://www.pewresearch.org/internet/2016/11/11/social-media-update-2016/

Hameed, S., Badii, A., & Cullen, A. J. (2008). Effective e-learning integration with traditional learning in a blended learning environment. Proceedings of the European and Mediterranean Conference on Information Systems, EMCIS 2008, May 2014.

Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2019.

Karduni, A., Wesslen, R., Santhanam, S., Cho, I., Volkova, S., Arendt, D., Shaikh, S., & Dou, W. (2018). Can you verifi this? Studying uncertainty and decision-making about misinformation using visual analytics. 12th International AAAI Conference on Web and Social Media, ICWSM 2018, Icwsm, 151–160.

Maloney, J. (2007). Children’s roles and use of evidence in science: An analysis of decision-making in small groups. In British Educational Research Journal (Vol. 33, Issue 3). https://doi.org/10.1080/01411920701243636

Manalu, S. R., Pradekso, T., & Setyabudi, D. (2018). Understanding the Tendency of Media Users to Consume Fake News. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 1–16.

Media Release, L. M. (2018). Pemetaan hoaks di indonesia. 1–5.

Muannas, M. (2018). Proses Gatekeeping Terkait Redistribusi Konten Media Sosial: Persfektif Generasi Z. Jurnal Jurnalisa, 4(2), 256–270. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i2.6898

Nurlatifah, M., & Irwansyah, I. (2019). Fact-Checking Journalism sebagai Platform Kolaborasi Human and Machine pada Jurnalisme Digital. Jurnal Komunikasi, 13(2), 121–134. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art1

Prasanti, D. (2018). Health Information of Literation as Prevention Processes of Hoax Information in the Use of Traditional Medicine in Digital Era (Literasi Informasi Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Informasi Hoax dalam Penggunaan Obat Tradisional di Era Digital). Journal Pekommas, 3(1), 45. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030105

Prensky, B. M. (2001). Digital Natives , Digital Immigrants. 1–6.

Rahmawati, D., Kesa, D. D., Suciati, P., & Lusia, A. (2019). Karakteristik Generasi Digital Natives Dalam Lingkungan Digital . Studi Kasus Kampung Digital Vokasi Ui. 381–386.

Rich, P. R., & Zaragoza, M. S. (2016). The continued influence of implied and explicitly stated misinformation in news reports. Journal of Experimental Psychology: Learning Memory and Cognition, 42(1), 62–74. https://doi.org/10.1037/xlm0000155

Roozenbeek, J., & van der Linden, S. (2019). Fake news game confers psychological resistance against online misinformation. Palgrave Communications, 5(1). https://doi.org/10.1057/s41599-019-0279-9

Rusadi, U. (2014). Konsumsi Berita Lintas Media Massa Konvensional Dan Internet. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 4(3), 173–187.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja (Keenam). Erlangga.

Sari, F. (2018). Metode Pengambilan Keputusan. Deepublish.

Septiani Rosana, A. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 144–156. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia

Siswoko, K. H. (2017). Kebijakan Pemerintah Menangkal Penyebaran Berita Palsu atau ‘Hoax.’ Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 13. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.330

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243