HUBUNGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN M-BANKING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG PENGGUNA SHOPEE THE CORRELATION OF EASY OF USE M-BANKING WITH CONSUMPTION BEHAVIOR IN STUDENTS OF STATE UNIVERSITY OF PADANG USERS OF SHOPEE

Main Article Content

Desfayani Desfayani

Abstract

Introduction This study aims to examine the relationship between the ease of using m-banking with consumptive behavior in Padang State University students shopee users. Consumptive behavior is defined as the activity of buying an item with unreasonable considerations and not based on needs.


Method This research is a quantitative research with a correlational research design. This research was conducted on 51 Padang State University students aged 18-21 years who are shopee users and make payments via mobile banking. The scale used is the ease of use of mobile banking and the consumptive behavior scale. Data were analyzed by using Person Product Moment correlation.


Result This study found that there is a positive relationship between the ease of using mobile banking and the consumptive behavior of Padang State University students who use shopee. With a value of (r) = 0.351 (p) = 0.012 (p = 0.012 < 0.05).


Conclussion That is the higher the level of ease of use of mobile banking, the higher the level of consumptive behavior of Padang State University students who use shopee, and vice versa.


Keywords: Consumptive behavior, college student, mobile banking


ABSTRAK


Pendahuluan Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemudahan penggunaan m-banking dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna shopee Universitas Negeri Padang. Perilaku konsumtif diartikan sebagai kegiatan membeli suatu barang dengan pertimbangan yang tidak masuk akal dan tidak berdasarkan kebutuhan.


Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan terhadap 51 mahasiswa Universitas Negeri Padang berusia 18-21 tahun yang merupakan pengguna shopee dan melakukan pembayaran melalui mobile banking. Skala yang digunakan adalah skala kemudahan penggunaan mobile banking dan skala perilaku konsumtif. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Person Product Moment.


Hasil Penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemudahan penggunaan mobile banking dengan perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Negeri Padang pengguna shopee. Dengan nilai (r) = 0,351 (p) = 0,012 (p = 0,012 < 0,05).


Kesimpulan Penelitian menunjukkan semakin tinggi tingkat kemudahan penggunaan mobile banking maka semakin tinggi pula tingkat perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Negeri Padang yang menggunakan shopee, begitu pula sebaliknya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Desfayani, D. (2021). HUBUNGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN M-BANKING DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG PENGGUNA SHOPEE: THE CORRELATION OF EASY OF USE M-BANKING WITH CONSUMPTION BEHAVIOR IN STUDENTS OF STATE UNIVERSITY OF PADANG USERS OF SHOPEE. Jurnal Psikologi Jambi, 6(1), 11-18. https://doi.org/10.22437/jpj.v6i01.15125
Section
Articles

References

Adiningtyas, R. A., Sunaryanto, H., & Nopianti, H. (2018). Perilaku konsumtif pelajar sekolah menengah atas. Jurnal Sosiologi Nusantara, 4 (1): 1–9. Doi: 10.33369/jsn.4.1.1-9.

Arisandy, D. & Hurriyati, D. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi fakultas psikologi di perguruan tinggi wilayah palembang yang melakukan belanja online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pkm Kesehatan: 31-39. eISSN 2477-2356.

Bashir, Mehboob, & Bhatti. (2015). Effects of online shopping trends on consumer-buying behavior: an empirical study of pakistan. Journal of Management And Research, 2 (2): 1-24.

Billieux, J., Rochat, L., Rebetz, M.L., & Linden, V.D. (2008). Are all facets of impulsivity related to self-reported compulsive buying behavior?. Personality and Individual Differences, 44: 1432–1442.

Chita, R. C. M., David, L. & Pali, C. (2015). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas SAM Ratulangi angkatan 2011. Jurnal E-Biomedik, 3 (1): 297-302.

Elnino, S.R., Lesawengen, L., & Lasut, J.J. (2020). Tindakan konsumtif dalam aktivitas belanja online mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Holistik, 13 (3): 1-15.

Farida, M. N., & Subroto, W. T. (2019). Effect of mobile banking and online shopping on consumer behavior. International Journal of Educational Research Review, 154–161. https://doi.org/10.24331/ijere.517977.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku belanja online di indonesia: studi kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9 (2): 193-213. Doi: 10.21009/JRMSI.

Hermawan, H. (2017). Sikap konsumen terhadap belanja online. Wacana,16 (1): 136-147.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. (2015). Laporan tahunan 2015. Jakarta.

Komala, C. & Sugilar, H. (2020). Kategori dan layanan e-commerce terhadap daya beli di kalangan mahasiswa. Jurnal Benefita, 5 (1): 129-139.

Kompas.com. (2018). Ini 3 e-commerce yang paling dikenal masyarakat Indonesia. Diakses tanggal 5 Oktober 2020 melalui https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/08/172007426/ini-3-e-commerce-yang-paling-dikenal-masyarakat-indonesia.

Lejoyeux, M., Ades, J., Tassain, V., & Solomon, J. (1996). Phenomenology and ` psychopathology of uncontrolled buying. Am J Psychiatry, 155: 1524–1529.

Lejoyeux, M., Haberman, N., Solomon, J., & Ades, J. (1999). Comparison of buying behavior in depressed patients presenting with or without compulsive buying. Compr Psychiatry, 40: 51–56

Lejoyeux, M. & Weinstein, A. (2010). Compulsive buying. The american. Journal Of Drug And Alcohol Abuse, 36: 248–253. Doi:10.3109 / 00952990. 2010. 49359.

Nugroho, J. S. (2003). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada media.

Prakoso, S.A. (2013). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kelompok teman sebaya dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, (Skripsi) UNNES, Semarang.

Rahayu, E. (2018). Pengaruh e-service quality terhadap e-customer satisfaction dan e-customer loyalty pada toko online shopee (Studi kasus pada pengguna tokoonline shopee). (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Rahayu, I. S. (2015). Minat nasabah menggunakan mobile banking dengan menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi kasus pt bank syariah mandiri cabang Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 5 (2): 137-150.

Rasimin. (1995). Manusia dalam industri dan organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rizkallah, E. G & Truong, A. (2010). Consumptive behavior, promotional preferences, and shopping patterns of hispanic americans: an empirical perspective. Journal Of Business & Economics, 8 (4): 111-122.

Santrock, J.W. (2011). Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sulistianingsih. (2016). Kecenderungan perilaku konsumtif mahasiswa sebagai bentuk gaya hidup shopaholic dan keterkaitannya dengan penyimpangan social. (Skripsi). Universitas Jember, Jember.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: CV Alfabeta.

Syifa, L. (2019). Pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Turban, E., Lee, J.K., King, D., Mc Kay, M. (2008). Electronic commerce: A managerial perspective. Upper saddle river: Pearson education inc.

Utami, A. H. (2006). Manajemen ritel strategi dan implementasi ritel modern. Jakarta: Erlangga.

Wulandari, Putri, N., Novandriani, N. & Moeliono, K. (2017). Analysis of the factors of using mobile banking services. Business Administration: 139–149.