UJI VALIDITAS ISI MODUL PERMAINAN EDUKATIF BERJALAN DAN BERHENTI (B&B) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI VALIDITY TEST OF THE CONTENT FROM MODULE EDUCATIVE GAME BERJALAN DAN BERHENTI (B&B) TO IMPROVE SPATIAL VISUAL ABILITIES FOR EARLY CHILDREN

Main Article Content

Putri Mayang Sari
Yun Nina Ekawati
Dessy Pramudiani

Abstract

Introduction Shopping online carries risks, one of which is fraud. Fraud is caused by consumers lacking knowledge of the characteristics of fraud, low emotional control, such as being easily tempted by cheap prices and only interested in displaying images. Students who are in their late teens are vulnerable to becoming victims of online shopping scams. So a program is needed to improve student purchasing decision-making skills to prevent online shopping fraud.


Method This research uses a descriptive study with a 3D model (define, design, develop). The research data were obtained from three stages, namely the first stage is a needs analysis. The second stage is designing a frame of reference for the implementation of the program smart buying. The third stage is validating with the validator.


Results This study shows the results of the validation of the module content assessed by the validator, which have a score in the range of 0.58-0.83. The results of the validation of measuring instruments that were assessed by the validator had a range of numbers from 0.25 to 0.83.


Conclusion and Recommendation Based on the results of the validity test of the module content of the program smart buying . is at a good level of content validity, meaning that there is a conformity of the content or material in each session of the program module smart buying with the objectives to be achieved.


Keywords: Module validity, Decision making skills, Program smart buying , Online shopping


ABSTRAK
Pendahuluan Belanja daring memiliki resiko salah satunya penipuan. Penipuan disebabkan konsumen kurang memiliki pengetahuan terhadap karakteristik penipuan, rendahya kontrol emosional seperti sangat mudah tergiur harga yang murah dan hanya tertarik dengan tampilan gambar. Mahasiswa yang berada pada usia remaja akhir rentan menjadi korban penipuan belanja daring. Sehingga diperlukan program guna meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pembelian mahasiswa untuk mencegah terjadiya penipuan belanja daring.


Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan model 3D (define, design, develop). Data penelitian diperoleh dari tiga tahapan yaitu tahapan pertama merupakan analisa kebutuhan. Tahapan kedua merancang kerangka acuan kegiatan pelaksanaan program smart buying. Tahapan ketiga melakukan validasi bersama validator.


Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul yang dinilai oleh validator yaitu memiliki angka skor dengan rentang 0,58-0,83. Hasil validasi alat ukur yang dinilai oleh validator memiliki rentang angka dari 0,25-0,83.


Kesimpulan dan Saran Berdasarkan hasil uji validitas isi modul program smart buying berada pada tingkat validitas isi yang baik, artinya terdapat kesesuaian isi atau materi dalam tiap sesi modul program smart buying dengan tujuan yang hendak dicapai.


Kata Kunci: Validitas modul, keterampilan pengambilan keputusan, program smart buying,
belanja daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, P. M. ., Ekawati, Y. N., & Pramudiani, D. (2021). UJI VALIDITAS ISI MODUL PERMAINAN EDUKATIF BERJALAN DAN BERHENTI (B&B) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI: VALIDITY TEST OF THE CONTENT FROM MODULE EDUCATIVE GAME BERJALAN DAN BERHENTI (B&B) TO IMPROVE SPATIAL VISUAL ABILITIES FOR EARLY CHILDREN. Jurnal Psikologi Jambi, 5(2), 50- 63. https://doi.org/10.22437/jpj.v7i2.12640
Section
Articles

References

Anjani, D. A., & Nurjanah, S. (2014). Permainan Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Kecerdasan Visual-Spatial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Fath Desa Keboan Anom Gedangan Sidoarjo. Journal Of Health Sciences, 7(2).

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita. (2015).. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Psikologi Perkembangan.

Elfiadi, E. (2017). Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 35-52.

Fadilah. (2012). Teori belajar Konstruktivistik Vygotsky. Jurnal Psikologi Belajar, Vol 1

Kemendikbud. (2019). Mendikbud: Pentingnya Konsep Bermain dan Belajar di Jenjang PAUD diakses dari https://www.kemdikbud.go.id.

Kustiawan,Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan Dengan Ice Breaking. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29.

Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini. Volume 1 no 3.

Pradnyawati, N. L. G. N., Antara, P. A.,

Ujianti, P. R., & Psi, S. (2017). Pengaruh Ragam Hias Geometri Terhadap Kecerdasan Visual Spasial

Pada Anak Gugus V Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1).

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2),106-117.

Rahayu, Fuji.Y. (2014). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok B Tk Dharma Wanita Sidowarek II Plemahan–Kediri. Paud Teratai, 3(1).

Republik Indonesia, (2003). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/ wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_0 th2003 .pdf.

Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Mazelaily Rosidah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 291-300.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuardi, S. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.Publikasi Pendidikan, 2(1).

Uno, Hamzah.B & Kuadrat, Masri. (2014). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.