HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERSAHABATAN DENGAN KEBAHAGIAAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN IIK RIAU THE RELATIONSHIP BETWEEN THE QUALITY OF FRIENDSHIP AND HAPPINESS IN SANTRI PONDOK PESANTREN IIK RIAU

Main Article Content

Yuliani Intan Lestari
Winda Palasari

Abstract

Introduction Santri who attend Islamic boarding schools, require them to live far apart from their parents and families. And this condition can be a barrier for these students to achieve happiness. The life of the Islamic boarding school which is different from school life in general makes it difficult for some students to adapt. In addition, the existing rules and learning programs stress the students. As a result, it makes the students depressed and stressed and has an impact on the happiness of the students. One of the factors affecting happiness is friendship. A person will be happier when experiencing high quality friendships with his friends.


Methods The purpose of this study was to examine the relationship between the quality of friendship and happiness in the students of the Imam Ibnu Katsir Islamic boarding school in Rumbai District. The sample in this study amounted to 151 people who were obtained through the quota sampling technique. The instrument used in this study was the friendship quality scale with a reliability coefficient of 0.891 and a happiness scale of 0.897. This research uses Product moment analysis technique.


Results of this study indicate a significant value of = 0.000 (p ≤ 0.001) meaning that the hypothesis is accepted, that is, there is a significant positive relationship between the quality of friendship and happiness of the students. The effective contribution of friendship quality to happiness is 7.5%. This shows that the quality of friendship plays an important role in increasing happiness in students.


Conclusions and Recommendation This research concluded that quality of friendship have influence for the conquest of happiness in santri. Therefore this research that recommendation to santri for cultivate a quality friendly relationship with other person.


Keywords: friendship quality, happiness, school.


ABSTRAK


Pendahuluan Santri yang bersekolah di Pondok Pesantren, mengharuskan mereka untuk hidup jauh terpisah dari orangtua maupun keluarganya. Dan kondisi tersebut bisa menjadi penghalang untuk santri tersebut untuk mencapai kebahagiaan. Kehidupan Pondok Pesantren yang berbeda dengan kehidupan sekolah pada umumnya membuat beberapa santri sulit untuk beradaptasi. Selain itu, aturan-aturan serta program pembelajaran yang ada membuat santri tertekan. Akibatnya membuat santri tertekan dan stress serta berdampak pada kebahagiaan para santri. Salah satu faktor mempengaruhi kebahagiaan adalah persahabatan. Seseorang akan lebih bahagia saat mengalami persahabatan dengan kualitas yang tinggi dengan sahabat-sahabatnya.


Metode Tujuan penelitian ini untuk meneliti hubungan antara Kualitas Persahabatan dengan Kebahagiaan pada Santri Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir di Kecamatan Rumbai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 151 orang yang diperoleh melalui teknik kuota sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kualitas persahabatan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,891 dan skala kebahagiaan sebesar 0,897. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Product moment.


Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai signifikan sebesar = 0,000 (p ≤ 0,001) artinya hipotesis diterima, yaitu ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada santri. Sumbangan efektif kualitas persahabatan terhadap kebahagiaan yaitu sebesar 7,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas persahabatan berperan penting dalam meningkatkan kebahagiaan pada santri.


Kesimpulan dan Saran Penelitian ini disimpulkan bahwa kualitas persahabatan berperan penting dalam meraih kebahagiaan pada santri. Oleh karena itu, direkomendasikan setiap santri hendaknya memupuk hubungan persahabatan yang berkualitas dengan teman.


Kata Kunci: kualitas persahabatan, kebahagiaan, sekolah


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari , Y. I. ., & Palasari, W. . (2021). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERSAHABATAN DENGAN KEBAHAGIAAN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN IIK RIAU: THE RELATIONSHIP BETWEEN THE QUALITY OF FRIENDSHIP AND HAPPINESS IN SANTRI PONDOK PESANTREN IIK RIAU. Jurnal Psikologi Jambi, 5(2), 17-27. https://doi.org/10.22437/jpj.v7i2.12637
Section
Articles

References

Alawiyah, Iyum Tsamratul Ainil. (2014). Program Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Mengembangkan Penyesuaian Diri Santri. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ardiansyah, Atrof. (2014). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Kebahagiaan pada

Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Skripsi. UIN Suska Riau.

Astuti, Linda. (2016). Hubungan antara Religiusitas dan Kualitas Persahabatan dengan Kebahagiaan

pada Remaja Panti Asuhan di Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R.A, & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Basya, S.H. (2007). Kamus Mini Hidup Bahagia. Jakarta: Cakrawala.

Berndt, J. (2002). Journal Friendship Quality and Social Development. Jurnal. 1,7-10.

Demir, M, &Urberg, K. (2004). Friendship And Adjustment Among Adolescence. Journal Experimental Child Psychology.

Fadhillah, Erdo Primada Akhmad. (2016). Hubungan antara Psychological Well-Being dan Happiness pada Remaja di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi. Universitas Gunadarma. Vo. 09 No. 01.

Hayu, Erlinda. (2015). Hubungan antara Persahabatan dengan Keabahagiaan pada Remaja. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herawaty, Yulia. (2015). Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya Dengan Kebahagiaan Pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Islam Riau. Vol. 09 No. 03.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Lyubomirsky, C.T. (2005). Journal. Review Of Research Challenge. Psychology Bulletin. Vol. 131 No. 6

Marita, Nelda. (2013). Hubungan antara Kualitas Persahabatan dengan Kebahagiaan pada Remaja. Skripsi. Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Mundzir, Mohamad, F. (2016). Religiusitas Dan Kebahagiaan Pada Santri Pondok Pesantren. Skripsi.

Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Santrock, Jhon W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Parker, Jeffrey G &Steveen R. Asher. (1993). Friendship and Frienship Quality in Middle Childhood: Links With Peer Group Acceptence and Feelings of Loneliness and Social Dissatisfaction. Journal Of Developmental Psychology. Vol. 29, No. 04.

Pramono, Joko Beni. (2015). Perbedaan Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan Umar Bin Khottob Bantul

Yogyakarta Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humanoria: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pritaningrum, Meidiana & Wiwin Hendriani.(2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern NurulIzzah Gresik pada tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. Universitas Airlangga. Vol. 02 No. 03.

Ramadhan, Yoga Achmad. (2012). Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Santri Pengahafal Al-Quran. Universitas Muhammadiyah Malang.Vol. 02 No. 01.

Rahmawati, Anita. (2013). Peer Group sebagai Wadah Penyesuaian Diri Remaja di Lingkungan Pondok Pesantren Modern. Naskah Publikasi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Seligman, Martin E.P. (2005). Authentic Happiness: Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif (terjemahan). Bandung: PT Mizan Pustaka.

Sugiyono.(2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabet.