PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI HEWAN DAN MANUSIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG IMPLEMENTATION OF INQUIRY MODEL BASED ON LESSON STUDY ON THE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT AND SKILLS OF STUDENTS COMMUNICATION IN THE PHYSIOLOGY OF ANIMAL AND HUMAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Main Article Content
Abstract
Introduction The purpose of education is directed in accordance with developments in technology, information, and communication. Students are expected to have skills and skills. Understanding concept is the basis for achieving various 21st century. The results of observations indicate understanding of student’s concepts and communications skills is low. The right solution to solve this problem is the application of guided inquiry based on Lesson Study (LS).
Method Classroom action research method using a qualitative descriptive approarch based on lesson study in the form of plan, do, see stages.
Results The results showed that the implementation of inquiry learning syntax in the first cycle was 98% and increased in the second cycle to 100%. The application of inquiry can increase student’s understanding of concepts by a percentage of 71,75 in the first cycle and increased to 81,3 in the second cycle. Communication skills with a classical average of 81,2 in the first cycle and increased to 84,95 in the second cycle.
Conclusions and Recomendations Criteria for the implementation of the inquiry model and lesson study are very accomplished and can improve student’s understanding of concepts and communications skills.
Keywords inquiry learning, understanding of concept, communication skills, Lesson Study (LS)
ABSTRAK
Pendahuluan Tujuan pendidikan diarahkan sesuai dengan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi. Mahasiswa diharapkan memiliki kecakapan dan keterampilan. Pemahaman konsep merupakan dasar untuk mencapai berbagai keterampilan abad 21. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki di abad 21. Hasil observasi menunjukkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi mahasiswa masih rendah. Solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini adalah penerapan Inkuiri Terbimbing berbasis Lesson Study (LS).
Metode Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis lesson study berupa tahapan plan, do, see.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan sintaks pembelajaran inkuiri pada siklus I sebesar 98% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Penerapan inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dengan persentase 71,75 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,3 pada siklus II. Keterampilan komunikasi dengan rata-rata klasikal sebesar 81,2 pada siklus I dan meningkat menjadi 84.95 pada siklus II.
Kesimpulan dan Saran Kriteria keterlaksanaan model inkuiri dan lesson study sangat terlaksana serta dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi mahasiswa.
Kata Kunci pembelajaran inkuiri, pemahaman konsep, keterampilan komunikasi, Lesson Study (LS).
Â
Downloads
Article Details
References
Abdjul, Tirtawaty. 2013. Peningkatan motivasi mahasiswa PGBI Kelas Fisika Dasar II pada Penyelenggaraan Lesson Study: Jurnal Entropi, III(1), 507-513.
Buck, G.A., Latta, M.A.M., & Pelecky, D.L. (2007). Learning How to Make Inquiry into Electricity and Magnetism Discernible to Middle Level Teachers. Journal of Science Teacher Education, 18, 377-397.
Dahar, R. W. (2003). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Greenstein, L. (2012). Assesing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin-A SAGE Company.
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hubbard, J. 2007. Teacher Collaborating in Lesson Development: Social Studies and the Young Learner. Hal 25-29. http :// www. socialstudies.org/ system/ files/ publications/ yl/ 1904/ 190425.pdf.
Ikayanti, R. & Suhartatik. (2016). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX SMPN Lumajang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 27 September 2018.
Indrawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Sub Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Wahan Bio, Volume XVI, Desember 2016.
Lewis, C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools.
Lewis, C., Perry, Re., dan Hurd, J. (2004). A Deeper Look at Lesson study: educational leadership (Online), (http://www.lessonresearch.net/DeeperLookatLS.pdf).
Llewellyn, D.J. (2013). Teaching High School Science through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin.
Nasution. (2006). Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Putu, M. E., Hidayah, Y., & Adawiyah, R. (2017). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Teweh Timur Pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Pendidikan Hayati, 3 (4), 144-151.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilo, H., dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.
Syahdiani, Kardi, S., & Sanjaya, I.G.M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 2089-1776.
Syamsurizal & Ibrohim. (2008). Lesson Study: Studi Pembelajaran. Malang: FMIPA UM.
Tan, Kim Chwee Daniel & Mijung Kim. 2012. Issues and Challenges in Science Education Research. London: Springer.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwijacendikia Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50-60.
Wiske, M.S. & Beatty, B.J. (2009). Fostering Understanding Outcome. Dalam C.M. Reigeluth, & A.A. Carr- Cheliman (Eds.), Instructional- Design Theories and Models: Building a Common Knowledge Base, Vol. 3 (pp. 195-197), New York: Routledge.
Yanny, D.L. 2010. Pendidikan Etika, Moral, Kepribadian, dan Pembentukan Karakter. Semarang: Jogja Mediautama.